Jumat, 24/03/2017 16:35 WIB

Intimate Interview

Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena Cadar

Arina Yulistara - wolipop
Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena Cadar Foto: Ariska Wigatiningtyas
Jakarta - Para wanita berhijab muda semakin pintar dalam mengembangkan potensi diri. Hijab bukan menjadi penghalang untuk mereka menekuni passion masing-masing. Seperti Ariska Wigatiningtyas, yang dikenal sebagai disk jockey (DJ) berhijab. Bahkan kini Ariska sedang disorot karena video dirinya yang bercadar dan melakukan pekerjaannya sebagai DJ dalam acara Tahun Baru 2017 di Yogyakarta.

Dihubungi Wolipop melalui telepon, wanita yang lebih akrab disapa Chika itu bercerita sedikit tentang video tersebut hingga mengapa ia memutuskan untuk menjadi DJ. Chika menuturkan kalau video sebenarnya sudah beredar sejak Januari. Kala itu, ia sedang mengisi acara Tahun Baru di Yogyakarta. Cadar hanya sebagai pelengkap penampilan bukan bermaksud mendulang sensasi.

Saat menjadi DJ, ia baru dua kali menggunakan cadar. Penerapan penutup wajah tersebut awalnya terinspirasi dari penampilannya bertema Indian Arabic yang terlihat beda ketika tampil di sebuah pentas seni di Colomadu, Surakarta. Kemudian wanita asal Lampung itu mencoba kembali menggunakan cadar di Yogyakarta yang berakhir dengan video viral. Meski menuai ragam kritik, Chika mengaku tidak terlalu memedulikan perkataan orang lain.
Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena CadarFoto: Facebook

Menurut wanita 20 tahun ini, tidak ada yang salah dengan penampilan DJ berhijab. Semua orang bisa menjadi DJ termasuk wanita berhijab. Chika pun bercerita kalau ia sudah menekuni dunia DJ sejak 2016. Ia sering dipercaya dalam berbagai acara musik hingga komunitas.

Awal mulai terjun menjadi DJ diakui Chika karena ditawari teman. Temannya tahu kalau Chika pecinta musik. Selain pernah membentuk grup band saat duduk di bangku sekolah, ia juga bisa memainkan berbagai alat musik seperti gitar, biola, hingga drum.


"Waktu itu aku ditawari teman, aku memang sudah suka musik ya dari dulu. Nah aku ditawari teman coba DJ buat ngisi liburan saja waktu itu DJ lagi booming," papar Chika kepada Wolipop, Jumat (24/3/2017).

Chika yang tidak pernah belajar menjadi DJ sebelumnya mengaku bingung. Agar bisa mahir, ia memutuskan untuk mengambil sekolah DJ. Mahasiswi semester 6 Fakultas Farmasi Universitas Setia Budi Surakarta itu memilih mengambil pendidikan singkat menjadi disk jockey di Poison Entertainment di Yogyakarta pada Februari 2016.
Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena CadarFoto: Facebook
Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena CadarFoto: Ariska Wigatiningtyas

Selama kurang lebih sebulan, Chika sudah mahir menjadi DJ. Setelah lulus, ia mendapat tawaran untuk tampil di berbagai acara musik, kuliner, komunitas, budaya, hingga perpisahan sekolah. Setiap bulan selalu ada tawaran untuknya menjadi DJ di Solo dan sekitarnya, minimal satu kali. Terkadang bisa dua sampai tiga tawaran sebulan namun Chika membatasinya karena takut kelelahan.

Meski hanya untuk mengisi waktu luang di luar kuliah, ia suka melakoni pekerjaan tersebut. Belum lagi, orangtua yang memberikan dukungan penuh untuk hobinya asalkan tidak masuk ke klub malam.

"Mama sama ayah mendukung jadi DJ dan music produser asal nggak main di klub dan tetap mentingin kuliah. Teman-teman juga mendukung," kata wanita kelahiran 3 Oktober 1996 itu.

Chika memang menikmati aktivitasnya sebagai DJ. Selain karena hobi, ia juga bisa mendapatkan penghasilan dari hobinya tersebut. Chika pun menuturkan dalam sekali tampil ia bisa mendapat ratusan ribu sampai jutaan rupiah tergantung acaranya. Misalnya saja ketika acara perpisahan sekolah, wanita yang juga hobi memasak ini pernah dibayar Rp 500 ribu sekali tampil dalam durasi kurang lebih 30 menit.

Uang yang didapat dari hasil DJ cukup bagi Chika untuk membeli barang-barang favoritnya. Tidak hanya itu, ia juga mengumpulkan uang untuk berbisnis. Ya, wanita yang senang bermain skateboard ini berencana untuk mencoba bisnis kuliner. Ia mengawali usahanya dengan berjualan brownies yang dinamakan Brownis Ketan Hitam.
Mengenal Ariska Wigatiningtyas, DJ Berhijab yang Viral karena CadarFoto: Ariska Wigatiningtyas

Bekerjasama dengan temannya, Chika berharap bisnis tersebut bisa berjalan lancar. Ia mengaku memiliki cita-cita menjadi pebisnis sukses suatu hari nanti. Bisnis kuliner pertamanya ini juga sangat didukung oleh orangtua.

"Ayah dukung aku untuk bisnis brownis ketan hitam ini, baru mau produksi memang. Beberapakali aku mau bisnis. Awalnya mau bisnis jamu karena ayah juga buat jamu di rumah tapi susah harus ada surat izin keamanan produk, dan lainnya. Terus mau bisnis pulsa sudah banyak, mau buat kafe, tapi aku lihat di sini awalnya doang ramai, belum pilih tempatnya. Akhirnya aku pilih brownies karena nggak perlu tempat, bisa memanfaatkan media sosial juga. Bisa jadi camilan dan oleh-oleh dari Solo kan, aku sendiri yang masak," jelas wanita yang senang berpenampilan kasual itu.

Bicara soal penampilan, Chika menuturkan kalau ia suka yang praktis dan nyaman. Begitu pula saat menjadi DJ, Chika lebih sering tampil kasual. Beberapakali ia menggunakan setelan celana dan blouse namun ada beberapa waktu di mana dirinya memakai gamis. Gaya jilbabnya juga dibuat simpel agar tidak terlalu menarik perhatian.


Bagi Chika, gaya hijab maupun busana bukan menjadi penghalang untuk mengejar impian. Ia pun berpesan kepada para hijabers muda Indonesia untuk terus berprestasi dan berkarya tanpa khawatir dengan omongan orang lain.

"Berkaryalah karena memang dengan berkarya itu selain kita punya kepuasan dalam mengekspesikan diri juga punya kebanggaan sendiri. Sebagai wanita tidak harus membatasi diri selama itu tetap pada jalurnya. Semua orang itu bebas dan punya hak mengekspresikan dirinya asalkan berada di jalur aman," pesannya. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com