Kamis, 23/03/2017 14:40 WIB

Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mudah Hemat Biaya Makanan

Rahmi Anjani - wolipop
Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mudah Hemat Biaya Makanan Foto: iStock
Jakarta - Anda yang sudah jadi istri atau ibu rumah tangga pasti kerap dipusingkan dengan pengeluaran tiap bulannya. Apalagi jika sedang ingin menghemat biaya karena satu dan lain hal. Jika begitu, coba tekan biaya bahan makanan. Ini bukan berarti Anda harus memperkecil porsi bahkan puasa namun atur agar pengeluarannya tidak terlalu banyak.

Guru finansial Canna Campbell mengatakan jika mengubah beberapa kebiasaan kecil dalam berbelanja bahkan simpan makan bisa menghemat biaya secara signifikan. Berikut lima tips dari Canna:

Manfaatkan Freezer dengan Maksimal
Sering buang makanan karena cepat basi? Agar lebih hemat, usahakan agar bahan makanan Anda lebih awet lagi. Salah satu caranya adalah dengan menaruhnya di freezer. Freezer bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan es dan daging namun juga keju hingga keripik kentang.

"Ketika kamu menyimpan makanan dalam freezer itu akan seperti kapsul waktu dan bukan hanya makanan yang bisa kamu simpan di sana. Kamu bisa menyimpan keju, telur, buah, bahkan keripik kentang yang akan lebih renyah saat dikeluarkan. Aku suka menyimpan terigu, beras, biji-bijian juga. Manfaatnya melakukan ini adalah mengurangi pemborosan," kata Cana pada Dailymail.

Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mudah Hemat Biaya MakananFoto: iStock
Beli Makanan yang Sedang Musim
Anda atau keluarga mungkin punya selera kuliner tertentu yang butuh bahan-bahan makanan impor atau sedang tidak musim. Jika ingin berhemat, hal ini tentu perlu dikurangi. Makanan yang sulit dicari biasanya harganya lebih mahal. Coba pilih sayur, daging, dan produk memasak lain yang berasal dari dalam negeri yang lebih terjangkau.

Beli Bahan Makanan Online
Selain bahan makanan, pengeluaran juga bisa membengkak karena mahalnya harga bensin dan parkir. Untuk itu, tak ada salahnya sesekali coba pesan bahan makanan secara online. Selain hemat ongkos, Anda juga bisa langsung melihat total pembelian sehingga dapat disesuaikan dengan budget. Tapi pastikan jika biaya antarnya tidak melebihi ongkos Anda ke pasar atau supermarket.

"Ketika kamu checkout kamu bisa mempertimbangkannya last minute dan jika kamu melebihi budget kamu bisa lihat lagi dan mengurangi atau menghilangkan produk-produk mahal yang tidak dibutuhkan," ungkap Cana.

Ibu Rumah Tangga Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mudah Hemat Biaya MakananFoto: iStock
Kurangi Ikan dan Daging
Daging ayam, sapi atau ikan memang enak. Tapi harganya juga tidak murah. Karenanya, saat sedang hemat, hindari terlalu sering membeli daging dan gantilah dengan protein lain yang tak kalah bernutrisi.

"Tidak hanya ini membantu 'dompetmu' tapi itu juga akan membuat ukuran pinggang dan baik untuk lingkungan. Kamu bisa mendapat banyak protein dari kacang-kacangan dan biji-bijian," sarannya.

Perhatikan Kualitas
Meski berhemat bukan berarti Anda tidak bisa menikmati makanan-makanan kesukaan. Tapi ganti pilihannya dengan yang lebih murah jika bisa. Misalnya bila Anda suka makan cokelat susu seperti Cana, belilah versi dark chocolate yang berkualitas tapi lebih sehat dan murah. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com