Rabu, 22/03/2017 17:33 WIB

10 Selebriti yang Pernah Mengalami Depresi Berat, Hingga Ingin Bunuh Diri

Rista Adityaputry - wolipop
10 Selebriti yang Pernah Mengalami Depresi Berat, Hingga Ingin Bunuh Diri Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images
Jakarta - Depresi akut yang dialami seseorang bisa memicu perbuatan bunuh diri. Seperti kasus bunuh diri yang terjadi pada manajer JKT48 yang merupakan pria asal Jepang, Jiro Inao, Selasa (21/3/2017). Beban kerja yang terlalu berat disebut sebagai salah satu penyebab pria 48 tahun ini mengakhiri nyawanya dengan gantung diri.

Tidak hanya orang awam, depresi juga kerap dialami selebriti. Bahkan risiko seorang selebriti menderita depresi lebih tinggi ketimbang orang pada umumnya, karena jadwal kerja yang padat hingga tekanan dari media massa dan haters. Tidak jarang dari mereka berpikir untuk bunuh diri akibat stres dan depresi akut.

Kepopuleran dan kekayaan memang tidak menjamin semua hal menjadi baik dalam sebuah kehidupan, termasuk juga mampu mengalami depresi dan penyakit mental lainnya. Seperti yang dikutip dari Health, ini para selebriti yang pernah menderita gangguan kesehatan mental, dari Demi Lovato hingga Owen Wilson.

1. Ashley Judd
10 Selebriti yang Pernah Mengalami Depresi Berat, Hingga Ingin Bunuh DiriFoto: Getty Images

Aktris dalam film 'Divergent' ini pernah mengalami depresi. Hal itu dikemukakannya dalam memoir yang berjudul 'All That Is Bitter & Sweet' yang ia terbitkan pada 2011. Ashley, yang kini berusia 48 tahun, mengungkapkan bahwa ia hampir ingin melakukan bunuh diri saat kelas 6 SD dan pernah menjalani rehabilitasi selama 42 hari untuk depresinya di 2006. Selain menjalani pengobatan dari klinik rehabilitasi, Ashley juga melakukan banyak kegiatan amal, seperti membantu para yatim piatu dan mereka yang kurang beruntung di dunia ini. Kegiatan seperti itu membantunya berdamai dengan masa lalu dan memiliki sudut pandang baru.

2. Owen Wilson
10 Selebriti yang Pernah Mengalami Depresi Berat, Hingga Ingin Bunuh DiriFoto: Getty Images

Di balik kepribadiannya yang santai dan lucu, aktor Owen Wilson ternyata menyimpan sisi gelap yang kemudian terungkap setelah diberitakan bahwa ia melakukan percobaan bunuh diri pada 2007. Beberapa selebriti yang pernah bermain film dengannya merasa kaget, namun bagi teman-teman dekatnya merasa itu hal wajar kalau Owen memiliki sisi gelap yang tidak diketahui publik. Depresi, stres karena adanya tekanan untuk selalu sempurna, hingga kecanduan obat terlarang membuat aktor berusia 48 tahun ini sempat masuk klinik rehabilitasi setidaknya dua kali. Pemeran utama film 'The Internship' dan pengisi suara dalam kartun 'Cars' ini sembuh hampir tiga bulan kemudian setelah menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat terdekat.

3. Demi Lovato
Foto: Larry Busacca/Getty Images for NARAS

Fakta mengejutkan mengenai isu kesehatan mental yang dialami Demi Lovato mencuat ketika ia diberitakan mengunjungi klinik rehab di 2010, setelah bertengkar dengan dancer saat Jonas Brothers World Tour. Tiga bulan menjalani pengobatan, aktris Disney ini mengungkapkan bahwa dirinya terkena anoreksia, bulimia, dan bipolar disorder tipe II yang menyebabkan ia sulit mengontrol emosi dan tindakannya.

"Satu dari alasan aku tidak bahagia selama bertahun-tahun adalah karena aku tidak pernah menerima emosiku dan aku selalu mencoba untuk menahannya," cerita Demi seperti yang dikutip dari People.

Kini Demi kembali menjalani rutinitas keseharian dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat terdekat. Ia juga terbuka untuk berbagi mengenai pengalamannya untuk mendukung orang-orang yang masih berjuang melawan depresi.

4. Catherine Zeta-Jones
Foto: Getty Images, Instagram

Aktris dalam film 'The Legend of Zorro' ini berbagi cerita mengenai perjuangannya melawan penyakit mental yang dialami dalam memoir 'Skywriting: A Life Out of the Blue' pada 2004. Tiga tahun sebelumnya, Catherine didiagnosa mengidap bipolar disorder tipe II yang menyebabkannya terkena depresi parah. Ia kembali menjalani kehidupannya setelah melakukan penyembuhan dengan psikiater, meditasi, olahraga, tidur cukup, dan menjaga suasana hati. Tindakannya ini menuai banyak pujian karena telah membuka pemikiran mengenai pentingnya kesehatan mental saat itu dan perlunya mencari pertolongan lebih awal.

5. Gwyneth Paltrow
Foto: Getty Images

Depresi pasca melahirkan pernah dialami aktris pemeran Pepper Potts dalam film 'Iron Man' ini. Ia mengungkapkan dalam wawancaranya dengan Good Housekeeping di 2011 bahwa ia merasa 'kosong' dan tidak bisa merasakan emosi apapun setelah melahirkan anaknya pertamanya, Apple Blythe Alison Martin, tahun 2004.

"Aku merasa seperti zombie," ungkapnya.

Awalnya ia tidak mengira akan mengalami depresi pasca melahirkan karena baginya itu artinya ia akan menangis setiap hari dan tidak bisa mengurus anak. Namun, Gwyneth kemudian menyadari bahwa postpartum depression memiliki tipe yang berbeda-beda.

6. Winona Ryder
Foto: Dimitrios Kambouris

Aktris berusia 45 tahun ini mengalami depresi setelah hubungan tiga tahunnya dengan Johnny Depp kandas, ketika ia berusia 19 tahun. Setelah putus ia mengonsumsi alkohol untuk melawan insomnia, depresi, dan sering terkena serangan panik. Suatu malam aktris yang menjadi cameo di film 'Star Trek' ini membuat dirinya hampir terbakar ketika tertidur dengan rokok masih menyala. Karena insiden itulah ia kemudian mencari pertolongan ke psikiater. Winona bercerita pada San Francisco Chronicle di tahun 2000 bahwa ia lebih memilih pergi ke terapis pribadi karena tidak ingin melakukan penyembuhan dengan obat.

7. Russell Brand
Foto: Reuters / Eddie Keogh

Mantan suami Katy Perry yang seorang aktor ini pernah mengidap bipolar disorder dan bulimia karena depresi yang dialaminya selama awal masa remaja. Diwawancarai oleh The Guardian, Russell mengaku telah menjalani banyak terapi dan ketika dewasa ia sempat kembali mengidap bulimia meski hanya sesaat. Depresi yang dialaminya itu diawali dengan perasaan terisolasi dan kesepian yang berujung pada perasaan kurang sempurna dan tidak menyenangkan. Sempat ketahuan mengonsumsi heroin di 2000, Russell memutuskan untuk berhenti mengonsumsi obat-obatan terlarang dan menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

8. Jim Carrey
Foto: John Lamparski

Aktor komedi ini pernah mengonsumsi Prozac dalam waktu yang sangat lama. Prozac adalah salah satu obat-obatan untuk mengatasi depresi hingga bulimia. Ia megaku bahwa obat yang dikonsumsinya itu hanya memberikan efek sebentar namun banyak orang yang bergantung pada obat tersebut.

Depresi yang dialaminya itu disebabkan oleh kematian kekasihnya yang bernama Cathriona White. Bahkan di beberapa film ia perlu injeksi adrenalin untuk melakukan perannya. Ia sempat berhenti melakukan pengobatan, namun perlu melanjutkannya lagi. Kini pemeran utama dalam film 'Ace Ventura' ini lebih mengandalkan kehidupan spiritualitasnya untuk mengatasi penyakit mental yang dialaminya.

9. Selena Gomez
Foto: Frederick M. Brown/Getty Images

Selena Gomez sempat membatalkan konsernya terkait kondisi kesehatan mentalnya. Selena diketahui pernah mengalami serangan panik. Mantan kekasih Justin Bieber itu sampai harus melakukan rehabilitasi terkait dengan kondisinya itu. Kondisi tersebut terjadi karena pelantun lagu 'Hands To Myself' itu juga menderita sakit lupus. Penyakitnya tersebut memberikan efek kejiwaan padanya.

10. Kanye West
Foto: ist

Pada November 2016, Kanye West dilarikan ke rumah sakit karena masalah gangguan mental, pasca melakukan kekerasan kepada salah seorang staf gym. Kanye mengamuk tanpa sebab hingga polisi memborgolnya dan membawanya ke rumah sakit. Kanye diketahui dirawat di UCLA Medical Center, Los Angeles. Dalam sebuah wawancara beberapa tahun silam, teman Kanye sesama rapper Malik Yusef sempat mengatakan bahwa ia khawatir dengan kesehatan jiwa sahabatnya itu. Tampaknya Malik sedikit mengetahui tentang gangguan jiwa yang dialami temannya. Malik khawatir bahwa Kanye tidak meminum obat yang dianjurkan oleh dokter. Namun kini Kanye telah keluar dari rehabilitasi dan kembali menjalani aktivitasnya, termasuk merilis koleksi busana terbaru dari labelnya, Yeezy. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177