Selasa, 21/03/2017 11:12 WIB

Puteri Diana Tulis 24 Ribu Kartu Ucapan Saat Pangeran William Lahir

Rista Adityaputry - wolipop
Puteri Diana Tulis 24 Ribu Kartu Ucapan Saat Pangeran William Lahir Foto: Getty Images
Jakarta - Memperingati 20 tahun kematian Puteri Diana, pihak kerajaan memutuskan untuk melelang kembali sejumlah surat yang pernah ditulis Puteri Diana kepada sekretaris pribadinya, Jane Parsons M.B.E.. Surat-surat yang akan dilelang pada bulan April itu berisi sejumlah informasi pribadi mengenai kehidupan pernikahan Puteri Diana dengan Pangeran Charles, termasuk kelahiran putra pertamanya, Pangeran William.

Di salah satu suratnya, wanita yang menikahi Pangeran Charles di usia 20 tahun itu menuliskan kehidupan barunya sebagai seorang ibu untuk pangeran William yang baru saja lahir di 1982. Tertulis di surat bahwa William menerima hingga 4.500 hadiah untuk perayaan kelahirannya. Ini berarti bahwa Puteri Diana harus menulis sampai 24 ribu kartu ucapan terima kasih. Ia juga memastikan para staf kerajaan tidak kelelahan, terlalu banyak bekerja, dan digaji terlalu rendah setelah kelahiran Pangeran William.
Puteri Diana Tulis 24 Ribu Kartu Ucapan Saat Pangeran William LahirFoto: Getty Images

Tidak hanya kartu ucapan yang harus ditulis, Puteri Diana juga mengungkapkan dalam surat tersebut bahwa ia sempat merasa kebingungan dengan membanjirnya surat yang datang di Istana Kensington ketika hari ulang tahunnya yang dirayakan sepuluh hari setelah kelahiran Pangeran William.

"Pada saat itu aku seperti sedang mengaduk-aduk surat," tulis Diana dalam salah satu surat.

Puteri Diana juga kerap memotret Pangeran William dan memajang salah satu hasilnya di kamar tidur pasangan kerajaan yang telah berpisah pada Agustus 1996. Sang Puteri pun merasa sulit untuk berpisah dengan anak pertamanya dan terlihat tidak terlalu menyukai kegiatan travelling yang kerap dilakukan oleh anggota kerajaan pada umumnya.

"William langsung mengenali kami. Ini sangat melegakan mengingat terkadang anak suka membenci orangtua yang sering meninggalkan mereka! Rasanya menakjubkan sekali bisa kembali ke rumah lagi dan semoga kami tidak perlu melakukan perjalanan lagi tahun ini, mimpi!" tulisnya setelah kembali dari perjalanan ke Australia tahun 1983.
Puteri Diana Tulis 24 Ribu Kartu Ucapan Saat Pangeran William LahirFoto: Getty Images

Hal lain yang menarik dari surat yang lain adalah cerita mengenai bulan madunya yang tertulis pada tanggal 15 Agustus 1981. "Bulan madu adalah kesempatan yang sempurna untuk mengganti waktu tidur (yang terbuang)," tulisnya dari lokasi bulan madu di Royal Yacht Britannia, Ocean Terminal, Skotlandia. Sepertinya menjadi anggota kerajaan yang baru membuat Puteri Diana sangat sibuk hingga tidak ada kesempatan untuk beristirahat.

Sebelumnya, surat-surat Puteri Diana yang lain juga pernah dilelang pada Januari lalu dan terjual hingga US$ 3,972 atau hampir Rp 53 jutaan. Surat berjumlah enam buah tersebut merupakan surat yang ditujukan kepada kepala pelayan Istana Buckingham, Cyril Dickman, di tahun 1980-an hingga 1990. Kebanyakan dari surat tersebut berisi kehidupan sehari-hari mendiang Puteri Diana, termasuk cerita mengenai hubungan antara Pangeran William dan Harry.

Untuk pelelangan kali ini, tidak hanya surat-surat saja yang dijual tapi juga ketikan daftar hadiah pernikahan. Bunga-bunga kering dari buket pengantin Puteri Diana, surat ucapan terima kasih, kartu-kartu Natal, sejumlah foto, dan beberapa undangan ke berbagai acara kerajaan. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177