Selasa, 21/03/2017 08:31 WIB

Hans Virgoro, Pria di Balik Perhiasan Mewah Krisdayanti Hingga Jedar

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop
Hans Virgoro, Pria di Balik Perhiasan Mewah Krisdayanti Hingga Jedar Foto: Dok. Pribadi
Jakarta - Meski hanya menjadi aksesori, perhiasan sangat digandrungi oleh kaum hawa. Sebagian wanita termasuk selebriti Indonesia bahkan gemar mengoleksi perhiasan untuk investasi. Perhiasan juga akan menambah rasa percaya diri seorang selebriti. Tak heran bila mereka kerap mempercayakan pembuatan perhiasannya dengan seorang desainer.

Salah satu desainer perhiasan yang digandrungi selebriti Tanah Air adalah Hans Virgoro. Selama dua tahun terakhir ini karya Hans banyak digunakan oleh penyanyi hingga aktris kenamaan seperti Krisdayanti (KD), Yuni Shara, Iis Dahlia, Olla Ramlan, Jessica Iskandar (Jedar), hingga Inneke Koesherawati.
Hans Virgoro, Pria di Balik Perhiasan Mewah Krisdayanti Hingga JedarFoto: Dok. Pribadi

Berawal dari hobinya menggambar, mengantarkan Hans menjadi seorang desainer perhiasan. Saat berbincang dengan Wolipop, Hans bercerita kalau awal mula menjadi desainer perhiasan karena ditawari teman dekatnya. Ia ditawarkan untuk mendesain salah satu diva Indonesia yakni Krisdayanti.

"Aku belajar otodidak, terus akhir tahun 2014 lalu aku mempresentasikan karyaku ke Krisdayanti, dan ternyata gambar dan taste aku itu cocok dengan Krisdayanti. Dari situlah akhirnya aku ditawari untuk masuk dan menjadi designer perhiasannya," cerita Hans saat ditemui Wolipop di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

Sejak perhiasan hasil karyanya dipakai oleh Krisdayanti, banyak selebriti Indonesia yang kemudian tertarik menggunakan jasa Hans untuk membuat aksesori. Tidak hanya selebriti saja, Hans pun menerima tawaran mendesain perhiasan untuk wanita umum lainnya. Ia menuturkan kalau banyak juga wanita dari beberapa daerah seperti Banjarmasin, Ujung Pandang, sampai Medan mempercayakan pembuatan perhiasannya kepada Hans.

"Karena memang awalnya memulai dari KD jadi orang kebanyakan mengenal aku desainer perhiasannya selebriti, sebenarnya sih nggak juga, semua juga bisa masuk tergantung kebutuhan apa. Kebanyakan yang aku dapat itu dari fansnya artis. Dari Olla Ramlan pesan, ada juga nanti yang pesan dari teman atau fansnya Olla Ramlan," tambah Hans.

Sementara untuk harga, pria 28 tahun ini mengaku kisaran harga desain hingga pembuatan perhiasannya berbeda-beda. Tarif mulai dari Rp 10 juta. Sedangkan untuk bahan baku permata atau berlian itu sendiri ia datangkan dari Cheko dan Afrika. Setiap bulan Hans mendapat sekitar lima sampai delapan pesanan.

"Paling mahal itu ada yang pesan sampai Rp 250 juta, tergantung dari bahan dan karat diamond-nya," kata Hans.

Selama ini, Hans biasanya mendesain perhiasaan untuk kebutuhan pesta, keseharian, dan konser atau pertunjukan. Hans pun butuh waktu paling cepat seminggu untuk menyelesaikan desain dan pembuatan aksesori perhiasannya.

"Pengerjaan satu minggu sampai satu bulan. Satu bulan itu yang paling lama. Satu minggu itu biasanya pernah aku bikin terus dia mau order sesuai yang aku buat. Tapi kalau dia mau order pertama kali itu lebih lama karena aku harus bikin moldingnya (cetakan atau ukiran) dulu," jelasnya.

Hans juga menjelaskan tantangan tersendiri dalam mendesain perhiasan. Biasanya permintaan desain perhiasan dari selebriti identik dengan kesan mewah dan menarik.

"Kadang juga ada artis yang kasih aku diamond terus dia suruh aku desainin. Biasanya kalau untuk pesta itu diamond-nya satu terus ditaburi dengan diamond tabur. Kalau yang untuk daily lebih ke satu mata tapi tanpa diamond tabur," pungkasnya. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com