Senin, 20/03/2017 10:22 WIB

Ini Vindy, Vlogger yang Populer karena Pakai Makeup Mirip Jokowi Sampai Valak

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop
Ini Vindy, Vlogger yang Populer karena Pakai Makeup Mirip Jokowi Sampai Valak Foto: Anggi Maya/Wolipop
Jakarta - Harfrida Vindy Agustie, atau yang lebih dikenal dengan 'nama panggung' Ini Vindy merupakan beauty vlogger dan influencer yang populer karena menampilkan tutorial makeup unik di channel YouTube-nya. Berbeda dengan beauty vlogger lainnya, tak hanya memberikan tutorial makeup untuk kecantikan, tips dan trik serta rekomendasi produk kecantikan. Ini Vindy memiliki ciri khas dengan tutorial makeup fantasi dan karakter.

Beberapa wajah tokoh terkenal seperti Bung Karno, Ridwan Kamil, Presiden Joko Widodo hingga karakter film Valak berhasil dibuatnya hanya dengan mengaplikasikan alat-alat makeup di wajahnya. Ini cerita seru Vindy saat berbincang langsung dengan Wolipop di Artpreneur Ciputra, Jakarta Selatan, Sabtu (18/3/17).

Vindy mengaku belum lama menggeluti dunia vlogging atau video blogging. Ia memulai jadi vlogger pada 2011 dan memang lebih spesifik pada tutorial makeup karakter dan fantasi.

Beauty vlogger yang memiliki 119 ribu follower di Instagram ini mengungkapkan dirinya terinspirasi untuk membuat tutorial makeup fantasi karakter setelah menonton video YouTube Tamang Phan, seorang beauty vlogger asal Nepal yang sukses menarik perhatian dengan tutorial makeup menyerupai artis-artis Hollywood. Dari sosok Tamang Phan lah, Vindy tertarik juga untuk menerapkan seni lukis karakter seseorang di wajahnya dengan kosmetik.
Ini Vindy, Vlogger yang Terkenal karena Pakai Makeup Mirip JokowiFoto: Mohammad Abduh

"Make up fantasi karakter yang pakai efek spesial dan sebagainya ini sebenarnya adalah hal yang aku bisa terlebih dulu daripada makeup beauty karena aku terbiasa melukis. Semenjak aku tahu ada youtuber namanya Tamang Phan, ada ternyata makeup seperti itu, akhirnya yang biasanya aku lakukan di tembok, di kanvas kenapa tidak aku lakukan di wajah, nah akhirnya aku coba dari situ," cerita Vindy kepada Wolipop.

Beauty influencer berhijab ini mengaku, membuat makeup karakter memang memerlukan waktu lebih lama ketimbang makeup cantik. Untuk membuat satu makeup fantasi atau karakter, Vindy membutuhkan waktu dua hingga enam jam.


"Biasanya dua kali pengerjaan makeup beauty bisa tiga sampai empat jam atau lebih, ya mungkin enam jam juga bisa kalau mood-nya lagi gak ada. Tapi kalau kita sudah punya konsep di awal sih biasanya cepat, dua jam atau satu jam sudah selesai," katanya.
Ini Vindy, Vlogger yang Terkenal karena Pakai Makeup Mirip JokowiFoto: Youtube

Tak selalu berjalan lancar, pembuatan makeup karakter yang dilakukan oleh Vindy juga terkadang mengalami masalah ketika mood-nya sedang kacau.

"Ada gagalnya. Itu bukan berarti gagal dengan hasilnya, tapi kadang-kadang mood hilang di tengah-tengah pengerjaan dan akhirnya aku copot atau lepas makeupnya," tutur Vindy.

Selain masalah mood, beauty vlogger yang khas dengan logat jawanya ini juga menuturkan, terkadang dalam membuat makeup menyerupai seorang tokoh juga kerap terjadi kesalahan atau kacau di masalah teknis.

"Misalnya baterai kamera habis dan tiba-tiba kadang kecoret atau apa, nah itu kadang bikin stres membersihkannya. Cuma kalau kita ingat tujuan awal kita ya tidak masalah. Biasanya break sebentar saja lima belas menit makan. Karena kalau melakukan hal misalnya kita sambil melihat orang makeup justru ke mood itu tambah pusing jadi lebih baik melakukan hal di luar makeup misalnya mendengarkan musik atau makan jadi refresh," ungkap Vindy.
Ini Vindy, Vlogger yang Terkenal karena Pakai Makeup Mirip JokowiFoto: Youtube

Dari berbagai karakter yang ia tirukan, sosok siapa yang menurutnya paling sulit dibuat? Vindy punya jawaban menarik, ternyata meniru karakter atau sosok pria tampan yang paling sulit. Menurutnya memunculkan kesan maskulin pada karakter pria adalah hal yang sulit, mengingat wajah Viindy cukup feminin.

"Kalau (wajahnya) ganteng itu kan sesuatu yang lebih perfect jadi ketika kita mencontoh seseorang yang ganteng dan ternyata dia yang kita contoh itu akhirnya tidak ganteng akan dibilang tidak mirip," kata wanita asal Malang ini.

Begitu pun ketika meniru wajah seseorang yang cantik, maka perlu teknik-teknik khusus agar makeup yang dikreasikannya bisa mirip dan terlihat cantik. Jika ia merasa pengerjaannya terlalu sulit dan ditakutkan tidak bisa mirip atau secantik sosok aslinya, maka Vindy tidak akan mengerjakannya.

Oleh sebab itu ia lebih memilih membuat tutorial makeup orang-orang yang berkarakter ketimbang cantik atau tampan. Orang-orang tersebut juga umumnya memiliki ciri khas tertentu.

"Misalnya dia punya kumis tebal, dia punya dagu yang panjang, dia punya alis yang tebal, dia selalu pakai kacamata. Jadi kita tangkap satu karakter baru kita kembangkan," imbuhnya.

Beberapa makeup karakter yang menjadi favoritnya adalah Presiden Jokowi. Sedangkan makeup karakter yang menurutnya cukup rumit ia kreasikan adalah sosok Presiden RI Pertama, Bung Karno. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com