Senin, 20/03/2017 08:55 WIB

8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pilih Buket Pengantin

Rista Adityaputry - wolipop
8 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Pilih Buket Pengantin Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernikahan adalah acara penting yang tak akan pernah dilupakan dalam hidup seorang wanita. Tiap bagian acara memiliki makna bagi pengantin pria maupun wanita. Untuk wanita, gaun dan riasan memegang peranan penting dalam menunjukkan kepribadian pengantin.

Namun, ternyata buket bunga pengantin yang akan dibawa selama prosesi acara berlangsung juga tak kalah penting diperhatikan. Tak sedikit pengantin yang mengabaikan buket karena mungkin menganggapnya tidak terlalu diperhatikan tamu. Tapi buket pengantin bisa menyempurnakan keseluruhan penampilan Anda saat berjalan menuju pelaminan. Ini beberapa kesalahan memilih buket pengantin, menurut Leanne Roberts-Hewitt, florist asal London.

1. Kurang Riset
Mengabaikan riset sama saja Anda tidak peduli dengan buket pengantin yang akan digunakan. Ini sebenarnya adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Pilih apa saja bunga yang Anda inginkan, bagaimana motif dan desain buket yang Anda sukai, hingga florist terpercaya mana yang akan Anda gunakan bisa mempermudah Anda mendapatkan buket sesuai tema pernikahan. Anda juga bisa melihat-lihat contoh dari Pinterest atau Instagram.

2. Tak Memerhatikan Bujet
Tidak kaget bila beberapa pasangan belum tahu mengenai berapa dana yang disiapkan untuk membeli buket bunga. Sama seperti menyiapkan bujet untuk dekorasi, gedung, dan hal vital lainnya, dana untuk buket bunga harus dipisahkan. Biasanya buket bunga memakan biaya hingga 10% dari total bujet yang dibutuhkan. Namun, ini semua tergantung dari jenis bunga, jasa florist, hingga desain buketnya. Pastikan Anda tidak kekurangan dana saat memilih buket. Semakin rumit dan langka bunganya, biaya yang dibutuhkan tentu semakin besar.
Foto: Thinkstock

3. Mengabaikan Saran Florist
Yang ahli pasti tahu betul bagaimana buket pengantin terbaik untuk tiap wanita. Florist ada untuk membantu dan mengarahkan Anda dalam proses pemilihan hingga perancangan buket pengantin. Buket bunga nantinya akan menjadi kolaborasi antara pemikiran Anda dengan florist. Jadi, Anda tidak bisa mengabaikan pengalaman mereka yang sudah sering merancang buket bunga dan tahu apa yang harus dan tidak boleh Anda lakukan.

4. Terlalu Idealis
Wolipop tahu bahwa sebagian besar wanita sudah memiliki bunga favorit masing-masing, namun kalau Anda kekeuh ingin memakai bunga yang sedang tidak musim atau ternyata persediaan sedang menipis, sepertinya florist akan melabeli Anda 'bridezilla'. Bekerjasama itu penting. Florist akan tahu desain terbaik yang sesuai dengan bujet dan desain itu bisa dibuat hampir atau bahkan sangat sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Kalau persediaan bunga kesukaan Anda terbatas atau sedang tidak musim, coba untuk terbuka pada setiap pilihan yang diberikan florist.
Foto: Thinkstock

5. Desain Berlebihan
Mungkin Anda memiliki banyak bunga favorit? Seberapa banyak desain dan bunga favorit Anda, cobalah untuk tidak berlebihan dan lebih berhati-hati ketika mencampur warna dan jenis bunga atau gaya desain buket pengantin. Kalau sudah ada tema pernikahan di pikiran Anda, tentu akan lebih mempermudah ketika mendesain buket pengantin yang sesuai.

6. Hanya Pakai Satu Warna
Sebagian besar wanita mungkin lebih memilih untuk menyamakan warna bunga dengan warna gaun bridesmaid atau tema pernikahan. Namun, sebenarnya itu bisa terlihat membosankan dan bisa membuat hasil foto pernikahan terkesan datar. Buket bunga bisa memperkaya aksen warna, menunjukkan kepribadian, hingga memberikan pengaruh dalam pernikahan secara keseluruhan. Jadi, Anda tidak perlu harus selalu menyamakan warna buket dengan warna utama pernikahan.
Foto: Thinkstock

7. Buket Bunga Besar
Buket besar mungkin akan terlihat indah dalam pemotretan pre-wedding, namun tidak dalam pesta pernikahan Anda. Buket bunga yang terlalu besar akan membuat Anda kesusahan membawanya hingga mungkin bisa menutupi keindahan gaun pernikahan Anda. Lagipula apakah Anda ingin membawa-bawa buket bunga sebesar itu sepanjang hari? Utamakan kenyamanan dan ukuran saat membuat buket pengantin.

8. Bunga Terlalu Wangi
Memang bunga yang wangi bisa menyebarkan aroma menyenangkan di seluruh penjuru ruangan, namun Anda tetap perlu hati-hati. Wangi bunga yang berlebihan bisa membuat tamu tidak nyaman apalagi untuk tamu yang memiliki alergi atau hidung sensitif. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com