Minggu, 19/03/2017 12:11 WIB

Sunsilk Hijab Hunt 2017

Hijabers Juara Taekwondo Eksis di Audisi Sunsilk Hijab Hunt Yogyakarta

Rahmi Anjani - wolipop
Hijabers Juara Taekwondo Eksis di Audisi Sunsilk Hijab Hunt Yogyakarta Foto: Rahmi Anjani
Jakarta - Audisi Sunsilk Hijab Hunt 2017 di Yogyakarta telah memasuki hari kedua. 20 peserta terpilih sudah datang lagi ke Jwalk, Babarsari, Caturtunggal, Depok Sleman, DI Yogyakarta untuk melakukan penjurian tahap dua. Salah satu hijabers berprestasi yang berhasil melaju ke babak selanjutnya adalah Lia Karina Mansur. Ia adalah atlet Taekwondo yang sudah meraih prestasi di skala internasional.

Lia cukup sering meraih medali ketika bertanding di kejuaraan internasional. Terakhir, ia memenangkan perak di Jeonju, Korea. Sebelumnya wanita 25 tahun ini juga pernah meraih perak di Australia Open 2011 hingga Sea Games 2011. Cantik dan berprestasi juga membuat Lia punya banyak followers di Instagram-nya.

"Taekwondo sejak usia delapan tahun. Aku memang nggak ada jeda. Kalau teman mungkin banyak yang vakum karena bosan atau sekolah. Karena keluarga punya background olahraga, aku sudah mencoba renang, atletik, voli, basket, bulu tangkis. Tapi Taekwondo, baru sebentar latihan progresnya bagus," katanya di Jwalk, DI Yogyakarta, Minggu (19/3/2017).

Wanita yang sedang kuliah S2 Ilmu Keolahragaan itu mulai berkompetisi tingkat nasional pada 2006. Ketika berhasil menyabet juara di Kejurnas Junior dan jadi pemain putri terbaik, Lia langsung dilirik Timnas untuk Sea Games. Dengan dukungan dari orangtua, akhirnya Lia mantap menjadi atlet.

Lia sendiri memakai hijab sejak duduk di bangku SMP. Sebagai atlet berkerudung, ia mengaku sempat mengalami kesulitan di awal karier. Namun karena sudah terbiasa dan bertekad kuat, tantangan karena memakai penutup kepala bukan lagi masalah. Meski begitu, Lia mengaku sering mendapat pandangan atau pertanyaan penasaran dari orang-orang ketika bertanding di luar negeri.

"Kalau dari perwasitan nggak ada (diskriminasi). Karena banyak juga atlet dari negara Islam. Tapi paling dipandangi saja. Kadang ditanya, 'ini untuk apa?'. Kalau latihan di Korea biasanya dipandangi sama masyarakat, kalau penasaran banget mereka suka bertanya," tutur Lia.

(ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com