Kamis, 16/03/2017 18:10 WIB

Klip Dasi Hingga Backpack, 7 Hal Ini Buat Karyawan Tampak Tak Profesional

Rahmi Anjani - wolipop
Klip Dasi Hingga Backpack, 7 Hal Ini Buat Karyawan Tampak Tak Profesional Foto: Bobobobo
Jakarta - Selalu datang atau menyelesaikan tugas kantor tepat waktu saja tak menjamin Anda bisa dikatakan profesional. Untuk terlihat benar-benar berdedikasi pada pakerjaan, ternyata perlu juga memperhatikan penampilan. Pakar karier William Hanson mengatakan kesalahan dalam berdadan dan berbusana sering membuat orang kurang diterima di lingkungan profesional. Tapi bukan berarti juga Anda harus terlalu formal karena bisa buat orang sekitar tidak nyaman.

Menurut William, ada sejumlah item fashion dan tren kecantikan yang sebaiknya dihindari di kantor karena bisa menampilkan kesan kurang profesional. Berikut adalah tujuh di antaranya:

Tato/Sulam Alis
Tato memang punya punya kesan yang tidak terlalu baik di masyarakat luas dan bukan hanya di Indonesia saja. Pemilik tubuh bertato kerap dianggap pemberontak sehingga kurang dipercaya di dunia kerja meski kenyataan belum tentu benar. Meski sering dianggap sebagai bentuk kesenian, William mengatakan jika atasan punya hak untuk meminta bawahannya menutupi tato ketika bertemu klien.

Begitu juga dengan tato alis. Saat ini, cukup banyak wanita yang mengandalkan perawatan itu untuk tampil cantik secara instan. Tato alis pun tidak dilarang namun cari yang hasilnya terlihat natural. Jika tidak, Anda bisa dinilai kurang profesional oleh atasan atau klien di tempat kerja.

Klip Dasi
Untuk menjaga bentuk dasi, banyak pria memakai tie clip. Benda itu memang sering terlihat dipakai para eksekutif di televisi. Namun ternyata William tidak menyarankan klip tersebut dipakai di tempat kerja sebenarnya. Jika ingin dasi tidak berantakan ketika pakai blazer, tarik luaran tersebut ke bawah sebelum berdiri sehingga tampilannya tetap rapi.

Tindikan Hidung
Seperti tato, tindikan kurang terlihat profesional di dunia kerja. Apalagi jika industri Anda dikenal formal dan menuntut berpakaian rapi di keseharian. Jika bisa, copot tindikan di hidung atau telinga sebelum masuk kerja. Tindikan tersebut mungkin tidak akan menghalangi Anda dapat kerja tapi bisa menghambat pengembangan karier.

Gelang Karet
Sekilas mungkin tidak ada yang salah dengan gelang karet. Apalagi jika aksesori yang biasanya berwarna cerah itu dibeli karena tujuannya untuk amal. Tapi hindari menggenakannya ke kantor jika tidak ingin terlihat kurang di hadapan profesional atau klien. Bisa-bisa gelang-gelang itu jadi lebih menyita perhatian dari pada pekerjaan Anda.

High Heels
Sejumlah perusahaan menuntut para pekerja wanitanya untuk pakai high heels ke kantor. Ada pula wanita yang inisiatif mengenakannya karena ingin terlihat anggun dan powerful. Tapi William menganjurkan agar jangan memilih yang haknya terlalu tinggi dan lebih dari 3 cm jika tak mau dianggap berpenampilan terlalu provokatif.

Waistcoat
Waistcoat adalah rompi yang biasanya dikenakan pria untuk melengkapi tampilan formal. Tapi jika tidak ada momen yang terlalu penting, sebaiknya waistcoat tak perlu digunakan. William beranggapan Anda bisa terlihat berlebihan dan membuat orang sekitar tidak nyaman karena tampak terlalu formal.

Backpack
Anda mungkin tidak terpikir jika tas yang dikenal praktis ini bisa membuat penampilan pekerja tak profesional. Tapi menurut William demikian. Tas punggung bisa mengesankan Anda masih kekanak-kanakan. Jika memang harus pakai backpack agar nyaman beraktivitas dan di kendaraan umum, sebaiknya cari yang cocok dipakai di kantor. Jika tidak, cari tas model briefcase agar terlihat lebih formal.

(ami/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com