Rabu, 15/03/2017 15:40 WIB

Meski Mudah dan Nyaman, Benarkah Belanja Online Picu Kegemukkan?

Rahmi Anjani - wolipop
Meski Mudah dan Nyaman, Benarkah Belanja Online Picu Kegemukkan? Foto: Thinkstock
Jakarta - Kecanggihan teknologi saat ini sangat memudahkan orang dalam beraktivitas di keseharian. Tak terkecuali untuk para wanita dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga. Kini, tak perlu repot-repot datang ke pasar atau supermarket, barang-barang bisa dipesan saja lewat aplikasi ponsel pintar. Meski nyaman dan mudah, ternyata belanja online punya sisi negatif. Menurut pakar, kebiasaan itu bisa memicu kegemukan. Benarkah?

Hal tersebut disampaikan oleh ahli diet Australia, Allan Borushek. Kepada NineCoach, ia mengungkap jika belanja bahan makanan secara online memang bisa membuat pelakunya lebih mudah gemuk. Alasannya pun karena kita jadi tidak aktif bergerak. Potensi kegemukan terjadi karena toko tidak menyediakan informasi nutrisi di aplikasi pemesanan.

Meski Mudah dan Nyaman, Benarkah Belanja Online Picu Kegemukkan?Foto: Thinkstock
"Ketika pembelanja toko bisa membaca panel informasi nutrisi, pembelanja online tidak diberikan opsi ini pada banyak brand in-house. Data online mengenai nutrisi yang tidak tersedia merugikan pembelanja online. Apalagi untuk mereka yang tidak bisa belanja secara fisik di toko," jelas Allan.

Jadi, pembelanja online akan lebih dirugikan karena tidak bisa membedakan atau memilih mana yang lebih sehat. Untuk itu, kemungkinan untuk memilih makanan atau bahan makanan kurang sehat pun lebih tinggi kemudian bisa memicu kegemukkan. Terlebih untuk orang-orang yang harus diet terkait kesehatan. Mereka jadi tidak bisa memeriksa tingkat gula, garam, dan karbohidrat dalam produk.

Meski Mudah dan Nyaman, Benarkah Belanja Online Picu Kegemukkan?Foto: iStock
Meski mudah, pemesanan online memang bisa membuat orang jadi kurang bijaksana dalam berbelanja. Bukan rahasia lagi, jika belanja tanpa datang ke toko memungkinan orang jadi lebih boros atau salah pilih. Untuk itu, professor Dame Sally Davies menganjurkan agar orang-orang lebih memilih cara konvensional. Terutama ketika ingin membeli kebutuhan rumah tangga.

Selain menghindari salah beli, pergi ke toko, pasar, atau supermarket juga akan bikin Anda lebih sehat. "Semua orang bisa lebih aktif dengan membuat sedikit perubahan pada hal-hal yang kita lakukan setiap hari. Jika kamu bisa berlari ke taman, itu bagus. Tapi jika waktu kamu terbatas (tidak sempat olahraga), sesuatu (belanja ke toko) selalu lebih baik dari pada tidak sama sekali," kata Dame Sally. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com