Selasa, 14/03/2017 10:50 WIB

8 Cara Usir Rasa Kantuk di Kantor

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop
8 Cara Usir Rasa Kantuk di Kantor Foto: Thinkstock
Jakarta - Kurang tidur di malam hari sering kali dijadikan alasan utama mengantuk saat jam kantor. Namun apakah Anda yakin dapat melalui hari tanpa tertidur di meja kantor? Rasa kantuk yang menyerang menyebabkan Anda susah untuk fokus dan menyelesaikan pekerjaan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk tetap terjaga selama di kantor. Berikut delapan hal yang bisa Anda lakukan untuk tetap 'melek' dan fokus di kantor.

1. Berjalan-jalan
Bangun dan dapatkan beberapa sinar matahari. Berjalan cepat di bawah cahaya terang dapat memompa darah dan energi Anda.hal itu menyebabkan sisa hari Anda menjadi lebih mudah. "Berjalan-jalan di sekitar kantor Anda, chat dengan rekan kerja dan dapatkan udara segar. Anda akan menjadi jauh lebih produktif," ungkap pelatih kesehatan Kimberly Petrosino seperti dilansir pada laman Bustle.

2. Ubah Posisi Duduk
Jika Anda merasa ingin tertidur, berusaha tetap sadar dengan duduk tegak dapat mengatasi rasa kantuk. Sebuah studi dari jurnal Health Psychology menemukan bahwa postur dapat mempengaruhi tingkat energi Anda. Orang-orang yang duduk tegak merasakan langsung lebih energik dan bersemangat daripada mereka yang duduk merosot atau membungkuk di meja mereka.

3. Basuh Wajah dengan Air Dingin
Tidak ada yang lebih segar selain membasuh wajah Anda dengan air dingin. Membasuh wajah Anda dengan air dingin di kamar mandi ketika waktu istirahat dapat membebaskan Anda dari rasa kantuk.

4. Olahraga
Studi menunjukkan bahwa olahraga meningkatkan energi secara keseluruhan sepanjang hari. Olahraga di pagi hari lebih efektif meningkatkan energi dan mengurangi kelelahan di siang hari. Olahraga teratur juga meningkatkan kualitas tidur.

5. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik mengaktifkan bagian-bagian tertentu dari otak Anda yang dapat membuat Anda tetap terjaga. Studi menunjukkan bahwa musik juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda

6. Kopi
Kafein yang terkandung dalam kopi adalah cara tepat untuk menghilangkan kantuk. Coba untuk meminum kopi atau teh daripada meminum minuman berenergi. Tapi minum kopi dengan dosis yang ekstrim tentunya akan berbahaya juga bagi kesehatan Anda.

7. Makan Sedikit Gula
Jika Anda terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula akan membuat Anda merasa lebih ngantuk dari sebelumnya. Jauhilah makanan yang manis dan coba untuk memilih makanan sehat seperti kacang-kacangan sebagai penggantinya

8. Ubah Lokasi
Duduk di meja yang sama sepanjang hari menjadi monoton dan terlalu nyaman sehingga menyebabkan Anda merasa ngantuk. Pergi ke dapur kantor Anda atau ruang umum dan bekerja di sana selama beberapa jam. Lingkungan baru akan membangkitkan indera Anda dan membuat Anda tetap terjaga. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com