Senin, 13/03/2017 07:02 WIB

7 Hal Pertama yang Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah

Rista Adityaputry - wolipop
7 Hal Pertama yang Diperhatikan Tamu Saat Berkunjung ke Rumah Foto: Thinkstock
Jakarta - Apa hal pertama yang akan Anda lakukan sebelum menerima tamu atau keluarga yang bertandang ke rumah? Biasanya seseorang akan mempersiapkan hal terbaik untuk disajikan kepada tamu atau keluarga yang akan datang ke rumah. Entah itu makanan, minuman yang disajikan, hingga ruangan yang harus rapi dan bersih.

Apapun acara yang diadakan, hal yang tetap diperhatikan sebelum tamu datang adalah kebersihan dan kerapian. Namun, ternyata ada beberapa hal lain yang diperhatikan oleh tamu saat berkunjung ke rumah. Seperti dilansir oleh MyDomaine, ini tujuh hal yang diperhatikan tamu saat berada dalam rumah Anda.

1. Penataan Ruang dan Aliran Udara
Saat memasuki sebuah rumah, aliran udara yang dimiliki dan penempatan furnitur bisa menjadi hal yang paling terlihat karena ruang yang digunakan lebih banyak. Ada yang tidak nyaman dengan tata letak furnitur yang tidak pas, seperti lukisan yang terpasang terlalu tinggi, jam besar yang diletakkan terlalu sempit, hingga beberapa pajangan yang berdesak-desakan di atas meja. Ada tamu yang sampai secara tidak sadar mulai mengatur dalam pikiran mereka bagaimana seharusnya penataan dilakukan. Ada juga yang memperhatikan bagaimana kepaduan antara aliran udara dalam masing-masing ruangan.

Tips: Batasi skema warna dari ruangan satu ke ruangan lain. Kalau masih ragu, Anda bisa keluarkan beberapa furnitur atau barang dalam ruangan agar aliran udara membaik.

2. Kebersihan
Memang ada alasan mengapa setiap ada keluarga atau tamu bertandang ke rumah, Anda menjadi sedikit stres dengan kondisi rumah yang kadang terlihat berantakan. Kebersihan memang menjadi poin utama yang dilihat oleh para tamu, apalagi kalau tamu tersebut sebenarnya adalah orang yang gila kebersihan dan kerapihan. Kondisi yang berantakan atau tata ruang yang kurang rapi bisa membuat mereka sedikit kesal. Sebaliknya, beberapa ada yang merasa lebih baik karena membandingkan kondisi tersebut dengan kondisi rumahnya sendiri.

Tips: Ketika ada tamu akan datang, sempatkan untuk membersihkan dengan cepat dan efisien segala sesuatu yang berantakan.

3. Kesenian dan Buku
Orang selalu ingin tahu apa yang suka dipajang oleh pemilik rumah. Ini bisa menunjukkan apa hobi mereka, apa budaya yang mereka miliki, hingga bagaimana kepribadian dari si pemilik rumah. Beberapa orang memperhatikan apa yang terpasang di dinding ruangan dan isi rak-rak di ruangan Anda. Dengan ini, mereka bisa menebak-nebak seperti apa pemilik rumah yang didatangi atau bagaimana barang-barang di ruangan itu mencerminkan kepribadian Anda.

Tips: Pilih beberapa buku favorit untuk dipajang di rak-rak buku Anda atau benda-benda seni, seperti lukisan, patung, atau kaligrafi yang Anda sukai dan mencerminkan kepribadian Anda.

4. Aroma dan Bau
Apa rumah Anda memiliki wangi yang mengundang, seperti wangi makanan yang sedang dimasak di dapur atau lilin aromaterapi? Atau mungkin malah bau makanan yang sudah basi atau bau pasir kucing yang belum diganti? Tiap rumah memiliki wangi khas yang membuat tamu akan mengingatnya saat beberapa kali berkunjung. Ya, mereka sangat memperhatikan itu, bahkan yang bau sekalipun. Jadi, buat ruangan menjadi wangi setiap saat agar tamu merasa nyaman.

Tips: 10 hingga 15 menit sebelum tamu datang, Anda bisa membakar lilin aromaterapi atau minyak esensial. Kalau ingin repot sedikit, Anda bisa masak sesuatu di oven. Jangan lupa, jika memang ruangan Anda mengeluarkan bau tidak sedap, segera cari penyebabnya.

5. Sumber Cahaya
Tidak hanya cahaya alami dari jendela, tamu bahkan akan memperhatikan cahaya lain dan bagaimana cahaya tersebut diatur dalam sebuah ruangan. Beberapa orang ada yang sampai memerhatikan perbedaan dari tiap cahaya yang dimiliki, seperti cahaya sore menjelang senja dari jendela, pendaran lilin, lampu dari televisi, hingga sinar yang menerangi kaca wastafel. Setiap cahaya bisa mengatur suasana dalam semua ruangan di rumah. Ruangan yang sama pun akan memiliki suasana berbeda berdasarkan perubahan cahaya.

Tips: Jika tamu bertandang di pagi hingga sore hari saat matahari masih bersinar, buka tirai jendela agar cahaya alami bisa masuk. Kalau di malam hari, atur cahaya lampu agar tidak terlalu terang atau tidak terlalu redup.

6. Cat Ruangan
Kecuali Anda menggunakan warna-warna netral, tamu biasanya akan lebih memperhatikan apa warna cat ruangan di rumah Anda. Bahkan Anda bisa saja memutuskan warna cat ruangan berdasarkan pemikiran bagaimana reaksi orang-orang yang akan datang ke rumah Anda.

Tips: Gunakan cat warna netral, seperti putih, abu-abu, atau krem dan turunannya untuk ruangan-ruangan yang akan sering dilihat tamu.

7. Tanaman
Ini menjadi hal ketujuh yang sering dilihat oleh tamu. Bagaimana tanaman terlihat dari ruangan dan apa saja tanaman yang dipajang dalam ruangan di rumah Anda cukup sering diperhatikan oleh tamu.

Tips: Selalu perhatikan bagaimana kondisi tanaman yang Anda taruh di dalam ruangan. Segera ganti bila tanaman mati/layu atau bersihkan jika dedaunan atau kelopaknya banyak yang rontok. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com