Sabtu, 11/03/2017 15:25 WIB

Pakar Diet Ungkap Tips Tetap Langsing Meski Sering Makan di Luar

Rahmi Anjani - wolipop
Pakar Diet Ungkap Tips Tetap Langsing Meski Sering Makan di Luar Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Akhir pekan memang paling menyenangkan jika dihabiskan dengan berkumpul bersama orang-orang tercinta. Acara kumpul-kumpul pun akan terasa lebih lengkap dengan menyantap hidangan favorit atau makan di restoran. Meski begitu, hangout bersama teman atau keluaga bisa menjadi momok menakutkan bagi orang-orang yang sedang menjalani diet. Biasaya mereka takut jadi makan banyak dan kurang sehat karena terbawa suasana.

Sebuah studi di Amerika beberapa waktu lalu juga mengungkap jika 60% orang yang sedang diet cenderung lupa untuk menjaga makanan ketika hangout dengan teman. Penemuan itu pun membuat orang merasa bersalah saat berkumpul dengan orang-orang terdekat. Padahal tidak ada yang salah dengan bersosialisasi dan makan di luar asal bisa menjaga asupan.

"Makan saat bersosialisasi bukan hal yang buruk sama sekali. Jka kamu pergi ke luar untuk makan dengan teman-teman sesekali maka kamu boleh menyantap semangkuk pasta di restoran favoritmu," ungkap pakar diet Lauren McGuckin kepada Dailymail.

"Kami mencoba menolong orang-orang memperbaiki hubungan mereka dengan makanan dan jika kamu sudah lama belum bertemu teman baikmu maka kamu harus pergi dan menikmati makanan dengannya," tambah Lauren.

Masalahnya kadang kita tidak hanya berkumpul dengan teman satu atau dua kali saja. Ada beberapa orang yang bbahkan hampir setiap hari hangout dengan teman atau harus menjamu klien di restoran. Untuk itu, butuh tekad kuat agar bisa memilih menu-menu yang sehat. "Jika kamu sering makan di luar dengan teman-teman, coba dan setia pada makanan yang sama yang kamu makan ketika kamu diet," kata Lauren.

Lauren menyarankan agar Anda lebih sering memilih makan 'penuh warna' yang berisi macam-macam sayuran. Kemudian pilih daging yang lebih ramah diet seperti dada ayam atau ikan panggang sehingga tetap kenyang tapi juga sehat. Lalu hindari terlalu menghindari makanan kesukaan karena akan membuat Anda ngidam di kemudian hari.

"Dengan mengatakan kita tidak boleh makan 'makanan buruk' atau membatasi makanan apapun yang kita suka, apa itu biskuit atau es krim, nantinya kita akan makan berlebihan dan di situlah masalah muncul," tutur Lauren yang juga menyarankan Anda pesan sayuran kukus sebagai camilan saat makan di luar.

"Kamu bisa memesan camilan keripik dan meminta staff (restoran) untuk tidak pakai butter pada sayuran kukus. Ingat makanan harusnya dinikmati. Makanan adalah sesuatu yang seharusnya membuat kamu kenyang dan ternutrisi tapi juga senang," tambahnya.
(asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com