Jumat, 10/03/2017 14:02 WIB

Pengakuan Gabourey Sidibe, Operasi 'Potong Perut' untuk Turun Berat Badan

Rista Adityaputry - wolipop
Pengakuan Gabourey Sidibe, Operasi Potong Perut untuk Turun Berat Badan Foto: Getty Images
Jakarta - Gabourey Sidibe, aktris pemain serial 'Empire', baru saja mengeluarkan buku memoir berjudul 'This Is Just My Face: Try Not to Stare' yang akan dirilis pada 1 Mei 2017. Dalam bukunya tersebut, tertulis perjuangannya melawan depresi, kecemasan, dan bulimia. Termasuk di dalamnya, pengalaman aktris usia 33 tahun ini saat memutuskan melakukan operasi penurunan berat badan.

Gabourey, yang mulai terkenal setelah perannya dalam film 'Precious' di 2009, sudah mencoba lebih dari satu dekade untuk menurunkan berat badan secara alami sebelum akhirnya memutuskan untuk dioperasi karena ia didiagnosis mengidap diabetes tipe 2.

Operasi tersebut dilakukan pada Mei 2016 dan dengan menggunakan metode bariatrik laparoskopik atau laparoscopic bariatric surgery. Prosedur ini merupakan pembedahan untuk mengurangi 80 persen bagian perut, hingga tinggal tersisa kantong tabung yang berbentuk seperti pisang. Dengan sedikitnya ruang untuk menampung makanan, maka pasien akan mengonsumsi lebih sedikit kalori.

Seperti dikutip dari Daily Mail, operasi ini juga bertujuan menstabilkan jumlah hormon di perut. Seperti diketahui, salah satu penyebab obesitas adalah karena tidak seimbangnya jumlah hormon lapar yang tidak seimbang. Kondisi ini akan membuat seseorang cenderung ingin makan ketika mereka seharusnya tidak terlalu membutuhkannya.

"Dokterku mengatakan kalau perutku akan 'dipotong' setengahnya. Ini akan membatasi rasa laparku dan mengurangi kapasitasku untuk makan. Proses dalam otakku akan berubah dan aku ingin makan makanan yang lebih sehat. Tentu saja aku akan menyetujuinya. Hubungan jangka panjangku dengan makanan harus berubah," cerita Gabourey dalam buku yang ditulisnya, seperti dikutip dari USA Today.
Foto: Getty Images

Memang terdengar seolah Gabourey melakukan jalan pintas, namun ia merasa ini bukanlah hal yang mudah untuk diputuskan. "Operasi itu bukan cara mudah untuk keluar dari masalah (kegemukan) ini. Aku juga tidak berbuat curang dengan melakukan operasi ini. Sebenarnya, aku tidak akan bisa mengurangi berat badan sebanyak ini tanpa operasi," lanjut aktris yang menjadi nominasi Aktris Terbaik dalam Oscar 2010.

Sejak dioperasi, Gabourey mengubah pola makannya dibantu oleh ahli gizi, meningkatkan aturan berolahraganya, berolahraga dengan pelatih pribadi, berenang, hingga naik sepeda di sekitar lokasi syuting 'Empire'.

Sedari usia 6 tahun, aktris asal New York ini memang telah mengalami kesulitan karena penampilannya. Ditambah lagi dengan perceraian kedua orangtuanya, Gabourey kemudian berjuang untuk melawan rasa depresi, kecemasan, hingga bulimia yang saat ini sudah bisa ia atasi dengan melakukan terapi.

"Sejak kecil aku sudah gemuk. Suatu hari aku duduk sendiri dan kemudian memutuskan untuk mencintai diriku sendiri tanpa memandang bagaimana bentuk tubuhku dan apa yang orang lain pikirkan tentang itu. Aku lelah berpikir buruk setiap waktu. Aku lelah membenci diriku sendiri," katanya saat wawancara dalam acara Oprah Winfrey tahun 2009.

Gabourey mengaku alasannya melakukan operasi ini bukan agar bisa menjadi cantik.

"Aku melakukan ini supaya bisa berjalan nyaman menggunakan sepatu heels, aku ingin melakukan cartwheel, lalu aku juga tidak ingin merasakan sakit saat aku naik tangga," ceritanya.

Ia menambahkan, "Alasan seseorang melakukan operasi penurunan berat badan itu karena mustahil melakukan diet dan olahraga dengan fisik seperti ini. Jadi, menyalahkan berat badan seseorang dan mengira kalau mereka tidak pernah mencoba itu tidak hanya salah, namun juga merendahkan."

Gabourey sebelumnya pernah mengalami pelecehan di Twitter atas penampilannya dalam karpet merah Golden Globe Awards 2014.

"To people making mean comments about my GG pics, I most definitely cried about it on that private jet on my way to my dream job last night," tulisnya sebagai respons untuk para haters. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com