Kamis, 09/03/2017 07:30 WIB

5 Hal yang Bisa Jadi Alasan Anda Tak Kunjung Naik Jabatan

Rahmi Anjani - wolipop
5 Hal yang Bisa Jadi Alasan Anda Tak Kunjung Naik Jabatan Foto: Getty Images
Jakarta - Saat melihat banyak rekan sudah naik jabatan mungkin Anda pernah merasa iri dan menginginkan hal yang sama. Sebaiknya jangan hanya bisa mencibir apalagi berkecil hati. Jadikanlah hal tersebut sebagai motivasi untuk membangkitkan semangat bekerja. Selain itu, coba analisa diri sendiri apakah mungkin ada sifat atau sikap yang membuat Anda belum dilirik atasan untuk naik jabatan. Para pakar karier pun mengungkap lima alasan yang menghalangi kesempatan promosi tersebut.

1. Pemarah
Pekerjaan memang sering memicu emosi dan tekanan batin. Tapi itu bukan alasan untuk Anda bisa melampiaskan rasa stres dengan sering marah-marah. Jika Anda stres atau rekan melakukan kesalahan, hindari menunjukkan respon berlebihan. Hal tersebut bisa menjadi tanda bahwa Anda tidak mampu menghadapi tekanan jika diberi tugas yang lebih berat. Dengan sering marah, Anda juga pasti kurang disukai rekan sehingga tidak didukung untuk dapat promosi.

2. Hanya Mengerjakan Tugas Sendiri
Setiap pekerja memang punya tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Tapi itu bukan berarti Anda tidak bisa membantu beban rekan lain apalagi yang jabatannya lebih tinggi. Ketika Anda terbukti bisa mengerjakan tugas yang lebih berat, atasan akan melihat bahwa Anda sudah pantas naik jabatan. Jika hanya menyelesaikan pekerjaan yang itu-itu saja, kemampuan Anda pun tidak akan terasah maksimal.

3. Tidak Menyampaikan Ide
Saat punya ide, jangan ragu untuk menyampaikannya. Walaupun belum tentu diterima, Anda akan dianggap partisipasif dalam membantu memecahkan permasalahan perusahaan. Jika terlalu diam, rekan lain akan mengutarakan ide yang Anda pikirkan tersebut sehingga dialah yang mendapat nilai tambah. Tapi jangan pula terlalu random ketika mengutarakan ide yang justru bisa bikin Anda dinilai negatif.

4. Terlalu Banyak Mengeluh
Banyak menyeluh adalah karakteristik yang menyebalkan. Apalagi jika hal yang dikeluhkan terkait dengan pekerjaan. Rekan atau bos akan melihat Anda sebagai orang yang kurang kompeten dan tidak bisa diberi tanggung jawab lebih. Dari pada banyak mengeluh, lebih baik segera cari solusi dan berpikirlah positif.

5. Selalu Defensif
Ketika diberi kritik yang sekiranya membangun, usahakan menerimanya dengan lapang hati. Bila Anda selalu bersikap defensif atau membela diri ketika rekan atau atasan menunjukkan adanya kesalahan, hal tersebut akan tidak baik untuk masa depan karier. Selain bisa dianggap sebagai pekerja yang kurang baik, kebiasaan buruk ini dapat membuat Anda tidak berkembang. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com