Rabu, 08/03/2017 18:08 WIB

Selain Cantik, 13 Selebriti Wanita Ini Juga Berprestasi Jadi Duta PBB

Rista Adityaputry - wolipop
Selain Cantik, 13 Selebriti Wanita Ini Juga Berprestasi Jadi Duta PBB Foto: Getty Images
Jakarta - Selain Cantik, 13 Selebriti Wanita Ini Juga Berprestasi Jadi Duta PBB

Menjadi selebriti tidak hanya cukup tampil bernyanyi atau berakting saja. Ada yang menjadi duta brand tertentu, mengikuti berbagai pertemuan publik, menghadiri acara-acara penghargaan, sampai dalam kehidupan pribadi pun mereka sibuk. Namun, kesibukan mereka tidak menghalangi keinginan untuk menolong sesama agar bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan juga.

Dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2017 ini, Wolipop merangkum 13 selebriti yang atas bakat dan kiprahnya di dunia hiburan, berhasil membawa pengaruh positif bagi dunia sehingga ditunjuk sebagai Duta PBB. Mereka memanfaatkan kepopulerannya untuk menyebarkan kebaikan dan membuat dunia menjadi lebih baik.

1. Anne Hathaway
Foto: Frederick M. Brown/Getty Images

Aktris yang mulai dikenal setelah perannya dalam film 'The Princess Diaries' ini ditunjuk sebagai Duta Persahabatan Global oleh UN Women pada bulan Juni 2016. Anne dipilih oleh UN Women atas semangatnya memperjuangkan hak wanita dan kesetaraan gender. Sebelumnya, ibu satu anak ini menjadi pendukung untuk Nike Foundation dan pergi ke Kenya dan Etiopia untuk meningkatkan kesadaran akan dampak negatif pernikahan di umur dini. Saat tahun 2013 pun ia memberikan narasi dalam film dokumenter 'CNN Girl Rising', yang bercerita tentang keberhasilan tujuh wanita di dunia dalam mengatasi hambatan dan mengejar impiannya.

2. Cate Blanchett
Foto: getty Images

Cate dinobatkan menjadi Duta Persahabatan Global untuk UN Refugee Agency pada Mei 2016 saat ia pulang dari misi kemanusiaannya di Yordania. Di sana, aktris senior berusia 47 tahun itu bertemu dengan para keluarga pengungsi Syria dan mendengar langsung tentang perjalanan berbahaya yang mereka lakukan. Pada tahun sebelumnya, Cate juga pergi ke Lebanon di tahun 2015 untuk bertemu dengan pengungsi Syria dan mendengar cerita mereka sebagai bagian dari dukungannya untuk kampanye IBelong dari UN Refugee Agency.

3. Victoria Beckham
Foto: dok. Estee Lauder

Victoria Beckham ditunjuk menjadi Duta Persahabatan Internasional oleh UNAIDS pada September 2014. Pada bulan Februari di tahun yang sama, Victoria mengunjungi klinik HIV di Cape Town, Afrika Selatan. Di sana ia mempelajari pentingnya terapi antiretroviral yang bisa menurunkan risiko ibu pengidap HIV untuk menularkan virus ke anak yang dikandung dan bagaimana cukup sulitnya anak-anak di sana untuk mengakses pengobatan tersebut.

4. Emma Watson
Foto: Getty Images

Emma dijadikan sebagai Duta Persahabatan oleh UN Women pada Juli 2014 dan merupakan pendukung kampanye HeForShe untuk mempromosikan kesetaraan gender. Pemeran Belle dalam 'Beauty and The Beast' ini telah melakukan banyak hal untuk mempromosikan pendidikan untuk wanita, salah satunya dengan berkunjung ke Bangladesh dan Zambia sebagai misi kemanusiaannya. Aktris yang dikenal sebagai Hermione dalam film 'Harry Potter' ini juga mendukung sistem perdagangan fair trade dan pakaian organik. Belum cukup sampai di situ, ia juga mejadi duta untuk Camfed International dengan gerakan untuk mengedukasi anak-anak, khususnya wanita untuk mengedukasi para wanita di pinggiran Afrika.

5. Katy Perry
Foto: Getty Images

Katy Perry dijadikan sebagai Duta Persahabatan UNICEF pada Desember 2013. Sebagai bagian dari UNICEF, penyanyi yang baru saja berpisah dengan Orlando Bloom ini mengunjungi Madagaskar di awal tahun 2013 untuk melihat keadaan anak-anak di sana. Di bulan Oktober 2013 pun ia ikut perayaan Hari Anak Perempuan Sedunia yang dirayakan oleh UNICEF. Tidak hanya itu,ia juga mengajak para penggemar di media sosial ikut mendukung upaya bantuan darurat untuk anak dari UNICEF.

6. Angelina Jolie
Foto: Brendon Thorne/Getty Images

Pada April 2012, aktris sekaligus humanitarian Angelina Jolie ditunjuk sebagai utusan khusus oleh UN High Commissioner for Refugees. Angelina sudah dikenal lama akan kepeduliaan dan ketertarikannya dalam mengikuti misi kemanusiaan. Aktris berusia 41 tahun ini sebelumnya telah dinobatkan menjadi Duta Persahabatan oleh UN Refugee Agency pada 2001. Angelina telah mengunjungi banyak kamp pengungsi di seluruh dunia, mendonasikan sebagian kekayaannya, hingga ikut tinggal dan bekerja di kamp pengungsi saat waktu kunjungannya. Sudah ada lebih dari 40 misi lapangan yang telah ia jalankan hingga ia sempat menerbitkan buku Notes from My Travels berdasarkan misi kemanusiaannya selama dua tahun.

7. Serena Williams
Foto: Fiona Hamilton/Courtesy of Tennis Australia/Handout via REUTERS

Pemain tenis Amerika ini sudah menjadi Duta Persahabatan Internasional UNICEF sejak September 2011. Penobatannya itu diawali atas kerjasamanya dengan UNICEF pada 2006 untuk kampanye kesehatan terbesar di Ghana. Selama kunjungannya, ia bergabung dalam tim relawan kesehatan yang mengimunisasi anak-anak untuk mencegah penyakit yang mematikan, ikut membagikan kelambu antinyamuk gratis untuk mencegah malaria, dan ikut bergabung para penguasa lokal dalam demonstrasi cara penggunaan life-saving net.

8. Gisele Bundchen
Foto: Getty Images

Supermodel Gisele Bundchen ditunjuk sebagai Duta Persahabatan oleh UNEP pada September 2009 karena sebelumnya ia telah aktif dalam kegiatan peduli lingkungan dengan mengeluarkan cara paling inovatif untuk pendekatan lingkungan berkelanjutan. Kunjungan resmi pertamanya adalah ke Kenya dengan misi memperbaiki krisis energi pada 2012. Di sana ia menghabiskan waktu bersama keluarga lokal dan ikut beraktivitas bersama mereka termasuk menggotong kayu bakar ke pondok. Gisele juga mendonasikan sebagian kekayaannya untuk penelitian AIDS dan pergi ke Rio de Janeiro untuk menanam pohon pertama dari serangkaian 50 ribu pohon di area terdegradasi.

9. Selena Gomez
Foto: Getty Images

Penyanyi sekaligus aktris ini telah berperan sebagai Duta UNICEF sejak September 2009. Diawali sebagai pembicara kampanye Trick-or-Treat untuk UNICEF di 2008, Selena semakin tertarik mendorong anak-anak sedunia untuk membuat perubahan. Duta UNICEF termuda ini telah berkunjung ke Ghana dan Chili untuk menjalani misi kemanusiaannya yang berhubungan dengan kondisi anak-anak di sana. Tidak hanya itu, pada 2011 dan 2014 ia juga menyelenggarakn konser amal yang kemudian mendonasikan hasilnya ke berbagai kampanye yang dimiliki UNICEF.

10. Nicole Kidman
Foto: Getty Images

Januari 2006, aktris Nicole Kidman dinobatkan menjadi Duta Persahabatan oleh UN Women. Ia telah berkunjung ke negara-negara di mana UN Women bekerja untuk mengakhiri fenomena kekerasan terhadapp perempuan. Ia juga ikut menyebarkan permintaan seluruh wanita korban kekerasan di media dan mengumpulkan dana untuk kampanye khususnya kampanye yang mendukung pencegahan kekerasan terhadap perempuan. Aktris yang berakting dalam film Lion ini juga menjadi pembicara internasional untuk kampanye UN Women Say NO - UNiTE to End Violence Against Women.

11. Shakira
Foto: Xavi Torrent/Getty Images

Shakira dijadikan sebagai Duta Persahabatan UNICEF pada Oktober 2003. Penyanyi berusia 40 tahun ini sudah mengawali aktivitasnya sebagai humanitarian sejak ia berusia 20 tahun dengan membuat the Pies Descalzos Foundation yang memberikan akses pendidikan untuk anak kurang mampu di seluruh Kolombia. Tidak hanya pendidikan yang berkualitas, sekolah itu juga menyediakan makanan yang bernutrisi, pengayaan pendidikan melalui seni, musik, dan rekreasi, hingga memberikan peluang ekonomi pada keluarga di sana. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki 6 ribu murid dan telah memberikan dampak besar pada lebih dari 30 ribu anggota. Pengisi suara dalam film 'Zootopia' ini juga telah melakukan kunjungan lapangan ke Bangladesh, Azerbaijan, dan India untuk dua kampanye penggalangan dana global untuk membantu menyuplai pasokan untuk anak kurang beruntung sedunia.

12. Sarah Jessica Parker
Foto: Getty Images

Aktris senior Sarah Jessica Parker menjadi Duta UNICEF sejak 1997. Wanita yang sudah berusia 51 tahun ini berdedikasi sebagai pembicara kampanye Trick-or-Treat untuk UNICEF. Berbagai kampanye UNICEF telah ia ikuti sebagai sukarelawan, termasuk memberikan pidato yang menggugah dalam acara penggalangan dana UNICEF HIV/AIDS Innovation Fund sampai mampu menyatukan ahli HIV terkenal hingga beragam bisnis dan pemimpin filantropis untuk berinvestasi dalam pengembangan teknologi yang mampu membuat generasi bebas HIV di masa yang akan datang. Pemeran utama dalam film Sex and The City ini juga membantu UNICEF menyediakan tes HIV cepat untuk para calon ibu pada Hari Ibu 2011.

13. Priyanka Chopra
Foto: Christopher Polk/Getty Images

Semenjak keterlibatannya dengan UNICEF 10 tahun lalu, kini aktris asal India ini dinobatkan menjadi Duta Persahabatan Global pada Desember tahun lalu. Ia telah mengikuti banyak misi lapangan ke desa hingga pusat India. Di sana ia menyaksikan sendiri kekuatan perubahan berdasarkan yang memang merupakan hak dari para wanita muda yang menginspirasi. Aktris serial Amerika Quantico ini telah membangun The Priyanka Chopra Foundation for Health and Education. Di 2013 ia juga mendonasikan sebagian kekayaannya untuk membangun bangsal kanker di Rumah Sakit Nanavati, Mumbai, India. Partisipasinya dalam kampanye UNICEF difokuskan kepada kampanye hak anak dan edukasi untuk anak perempuan. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com