Rabu, 08/03/2017 16:06 WIB

Ini Takaran Pemakaian Tabir Surya yang Tepat Sesuai Anjuran Dokter

Daniel Ngantung - wolipop
Ini Takaran Pemakaian Tabir Surya yang Tepat Sesuai Anjuran Dokter Foto: Thinkstock
Jakarta - Bagi Anda yang suka menikmati keindahan panorama laut, berlibur di pantai memang menyenangkan. Namun pastikan kulit tetap terlindungi dari paparan sinar matahari dengan mengaplikasikan tabir surya. Pertanyaannya, berapa takaran yang dianjurkan?

Terlepas dari manfaatnya sebagai sumber vitamin D, sinar matahari menghantarkan radiasi ultraviolet (UV) A dan B yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Apalagi jika kulit terus terekspos oleh sinar matahari, seperti ketika sedang berlibur di pantai.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa pengaplikasian tabir surya bisa menjadi solusi. Tabir surya yang dimaksud mengandung SPF (sun protection factor) untuk melindungi kulit dari UVB yang merusak kulit lapisan atas (epidermis). UVB biasanya menyebabkan kulit terasa terbakar dan memerah. Ukuran SPF umumnya berupa angka, semisal SPF 30 dan SPF 50. Semakin tinggi angkanya, semakin lama pertahanannya.

Adapula tabir surya dengan PA (protection against UVA) yang berfungsi memantulkan UVA. Berspektrum panjang, UVA dapat menembus hingga lapisan terdalam sehingga berisiko menyebabkan kanker kulit. Kekuatan PA ditandai dengan "+". Jika "++" berarti dua kali lebih kuat perlindungannya terhadap UVA.

Namun menurut Dokter spesialis kulit Srie Prihianti, belum banyak yang mengetahui aturan pakai yang tepat supaya perlindungannya maksimal. Salah satunya terkait takaran pemakaian tabir surya secara menyeluruh di sekujur tubuh.

"Usahakan pakai tabir surya jangan irit-irit. Perlindungan yang didapatkan tidak akan maksimal jika takaran tabir surya kurang pas," ujar Srie saat media workshop 'Enjoy the Sun' yang digelar Nivea di atas kapal Quicksilver, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2017).
Foto: Thinkstock

Mengacu pada referensi medis internasional, Srie mengatakan, takaran tabir surya yang dianjurkan adalah 2 mg/cm persegi atau 2 cc/cm persegi. Agar mudah mengukurnya, Srie menggunakan takaran berupa sendok teh (sdt) seperti berikut:

- 1 sdt tabir surya untuk area leher dan wajah

- 1 sdt untuk lengan kanan

- 1 sdt untuk lengan kiri

- 2 sdt untuk torso depan dan belakang

- 2 sdt untuk paha dan kaki kanan

- 2 sdt untuk paha dan kaki kiri (dng/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177