Senin, 06/03/2017 07:45 WIB

Peneliti Temukan Cara Cepat Mencari Kunci yang Sering Hilang

Hestianingsih - wolipop
Peneliti Temukan Cara Cepat Mencari Kunci yang Sering Hilang Foto: Thinkstock
Jakarta - Kesal karena sering kehilangan kunci? Baik itu kunci rumah atau kunci mobil/motor? Kini ada cara yang terbukti secara ilmiah bisa membantu Anda menemukan kunci yang hilang dengan cepat.

Para peneliti dari University of Aberdeen telah menemukan cara mencari kunci yang hilang. Biasanya saat kehilangan kunci, Anda akan mencarinya di atas kulkas, laci lemari atau tempat tidur. Ternyata itu bukan cara yang tepat.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencarinya di tempat yang paling berantakan terlebih dahulu. Ingat-ingat aktivitas apa yang Anda lakukan sebelumnya, lalu kilas balik dan cari di tempat tersebut.

Menurut penelitian, orang-orang membuang banyak waktu dengan mencari kunci di area yang rapi dan bersih. Secara logika jika kunci memang berada di tempat yang tertata rapi, tentu Anda tidak akan susah-susah mencarinya atau merasa kehilangan.
Foto: Thinkstock

Uji coba dilakukan terhadap partisipan yang diminta untuk mencari sebuah target. Selama pencarian, peneliti menggunakan pelacak pergerakan mata untuk melihat aktivitas penglihatan.

Dari hasil percobaan ditemukan bahwa mata cenderung hanya akan fokus pada satu titik ketika Anda mencari benda di area yang 'mudah'. Sebaliknya, pencarian akan lebih efisien ketika mata mencarinya di lokasi yang 'sulit'. Misalnya pada tumpukan pakaian di lantai, meja kantor yang berantakan atau mainan anak di ruang keluarga yang belum dibereskan.

"Kalau Anda mencari kunci, Anda perlu fokus pada tempat-tempat yang paling berantakan karena jika berada di tempat yang sudah jelas, maka Anda pasti sudah menemukannya," ujar penulis penelitian Anna Maria Nowakowska, seperti dikutip dari Good House Keeping.

Jadi jika kehilangan kunci atau benda-benda kecil lainnya, cobalah cari di laci perkakas, wadah pakaian kotor atau tempat yang paling banyak aktivitasnya. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com