Sabtu, 04/03/2017 11:20 WIB

9 Olahraga yang Kurang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Rista Adityaputry - wolipop
9 Olahraga yang Kurang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat ini sudah banyak orang yang sadar akan pentingnya berolahraga. Beberapa memilih zumba, yoga, pilates, atau sekadar jogging, berenang, hingga bersepeda. Sebagian orang memilih olahraga bergantung kesukaannya atau mana yang kira-kira tidak terlalu sulit dilakukan. Namun kalau tujuan Anda ingin menurunkan berat badan, sepertinya Anda harus memperhatikan bahwa ada beberapa olahraga yang ternyata tidak terlalu efektif. Dilansir dari Reader's Digest, berikut sembilan olahraga yang kurang disarankan apabila ingin menurunkan berat badan.

1. Yoga
Yoga memang merupakan aktivitas yang menguatkan tubuh dan menenangkan pikiran namun latihan tersebut sebenarnya tidak melibatkan banyak gerakan. Menurut Ariana Fotinakis, seorang pelatih pribadi untuk Trainerize.me, menahan beberapa pose yoga hanya akan menguatkan otot-otot Anda dan tidak mengeluarkan banyak kalori saat melakukannya.

2. Peregangan
Peregangan memberikan manfaat lebih banyak terhadap pelenturan dan gerakan tubuh sehingga dapat mencegah cedera saat berolahraga. Maka dari itu peregangan selalu disarankan untuk dilakukan sebelum berolahraga. Namun sebenarnya olahraga ini tidak akan mengeluarkan banyak kalori sehingga kurang tepat bagi yang ingin menurunkan berat badan.

"Anda lebih baik menambahkan gerakan kardio di antara posisi-posisi peregangan. Dengan ini Anda tetap bisa mendapatkan manfaat peregangan yang dicampur dengan gerakan kardio sehingga bisa meningkatkan detak jantung dan mengeluarkan banyak kalori," saran Ngo Okafor, seorang pelatih olahraga pribadi.

3. Pilates
Apakah Anda heran kalau pilates masuk ke dalam daftar? Padahal keringat bisa keluar cukup banyak saat melakukan olahraga tersebut. Ternyata manfaat pilates lebih diutamakan pada kelenturan dan mobilitas sendi serta dapat dikatakan juga merupakan olahraga yang bagus untuk inti. Dengan manfaat sebagus itu, ternyata pilates tidak membakar banyak kalori. Jika ingin pilates sebagai salah satu cara mengecilkan lingkar pinggang, Ngo menyarankan untuk melakukan pilates kardio.

"Misalnya pilates kardio itu latihan yang diikuti membanting medicine ball, lompat tali atau high knees, dan jumping jacks masing-masing selama 30 detik," tambah Ngo.

4. Spinning
Spinning memang bisa terlihat intens namun sebenarnya tidak terlalu membakar kalori karena Anda hanya duduk dan tak banyak melakukan gerakan otot kecuali otot kaki.

"Anda tidak bisa membakar kalori sebanyak jika Anda memakai sepeda biasa," ujar Cristy Nickel, pelatih olahraga.

5. Jalan Kaki
Jalan kaki bisa menjadi salah satu alternatif untuk olahraga namun diperlukan jarak yang cukup jauh dan waktu yang lama jika ingin membakar kalori lebih banyak. Ariana menyarankan untuk meningkatkan kecepatan sewaktu berjalan kaki tapi tidak sampai berlari.

"Jika ini terlalu sulit untuk dilakukan sampai selesai, pilih beberapa landmark untuk dituju. Anda juga bisa memilih rute yang memiliki banyak bukit," tambahnya.

6. Angkat Beban
Angkat beban bisa bermanfaat untuk otot dan tulang Anda namun tidak berpengaruh banyak dalam pembakaran kalori. Dengan menggabungkan beberapa otot yang bekerja secara bersamaan, kalori bisa terbakar lebih banyak. Sebaliknya, otot akan lebih banyak membakar energi daripada lemak sehingga kekuatan dan metabolisme akan meningkat.

7. Jogging
Tidak perlu diragukan lagi, jogging memang bisa meningkatkan detak jantung Anda. Namun pembakaran kalori akan menjadi lebih sedikit bila dilakukan dengan kecepatan sedang. Cobalah untuk melakukannya dengan interval seperti spinning. Tambah lari cepat selama satu menit untuk menambah latihan interval tersebut.

8. Sit Up
Matt Ng, seorang pelatih olahraga pribadi, menganggap bahwa sit up atau crunches merupakan olahraga yang kurang efektif karena ini merupakan cara yang kurang tepat untuk membakar kalori lebih banyak. Matt menyarankan untuk melakukan olahraga ini di antara latihan kardio interval.

9. Golf
Golf sebenarnya terdengar menyenangkan namun ini tidak berbuat banyak untuk tubuh Anda.

"Ini lebih ke aktivitas waktu luang daripada sebuah olahraga," kata Cristy. Namun, menurutnya tentu saja melakukan jalan cepat di antara ronde-ronde permainan akan meningkatkan pembakaran kalori tubuh Anda. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177