Jumat, 03/03/2017 19:10 WIB

4 Tipe Orang yang Pasti Ada di Setiap Kantor, Anda yang Mana?

Rahmi Anjani - wolipop
4 Tipe Orang yang Pasti Ada di Setiap Kantor, Anda yang Mana? Foto: Thinkstock
Jakarta - Dalam sebuah perusahaan biasanya ada bermacam-macam pekerja dengan berbagai kepribadian. Meski bisa memicu 'pergesekan', tak jarang perbedaan karakter justru memperkuat kerjasama tim. Berdasarkan riset yang dilakukan Deloitte Business Chemistry umumnya ada empat tipe umum pegawai yang paling dominan di tempat kerja. Apa saja?

Pioneer
Tipe orang ini biasanya cukup dominan dalam mengambil keputusan atau menciptakan ide segar dan kreatif. Berdasarkan riset yang dilakukan pada 19.000 orang, si Pioneer umumnya senang dengan posibilitas, energi, dan imaginasi dibandingkan pekerja lainnya. Mereka sering mengandalkan insting dan tidak bermasalah jika harus mengambil risiko dalam bekerja. Anda bisa mengandalkan sifatnya yang mudah beradaptasi untuk meminta bantuan.

Guardian
Si penjaga adalah tipe pekerja yang agak bertolakbelakang dengan Piomeer. Ia lebih suka dengan hal-hal yang stabil, taat peraturan, walau kadang kaku. Punya sikap yang pragmatis, mereka pun kurang suka mengambil keputusan yang terlalu berisiko dan merasa lebih nyaman bekerja dengan fakta, angka, dan detail. Meski kadang kurang fleksibel, Guardian adalah pekerja yang baik karena bisa belajar dari kesalahan.

Driver
Orang yang punya karakteristik ini umumnya paling suka mengejar hasil atau taget. Mereka juga sangat suka tantangan dan memenangkannya. Jika Anda melihat seseorang yang bekerja giat ketika diiming-imingi bonus atau hadiah, bisa jadi dia adalah tipe Driver. Menurut studi, pekerja jenis ini orang yang fokus, kompetitif, punya rasa penasaran tinggi, dan logis.

Integrator
Si integrator bisa Anda andalkan ketika suasana kantor tengah panas karena percekcokan atau ketidaksepahaman. Pekerja tipe ini biasanya suka bergaul dan bisa menyatukan orang. Meski begitu, kadang mereka punya masalah karena terlalu mengutamakan hubungan dan kebersamaan sehingga kadang punya masalah tanggung jawab sebagai pekerja.

Cara Mengelola 4 Tipe Pekerja
Empat tipe pekerja ini pun bisa membangun tim yang solid ketika bekerja bersama. Tapi untuk hasil kolaborasi yang lebih baik, sebaiknya satukan orang-orang dengan tipe yang bertolakbelakang. Kemudian hindari menggabungkan tipe Guardian yang biasanya lebih pendiam dengan Integrator yang banyak bicara karena bisa memicu stres bagi Penjaga.

Sedangkan untuk mendukung si Pioneer, sediakan papan tulis dan spidol agar orang lain juga bisa ikut berpartisipasi dan mengerti apa yang dibicarakannya ketika rapat. Lalu biarkan Integrator membangun hubungan antar tim dan mengajak anggota-anggota lain untuk memberikan pendapat. Sedangkan si Driver lebih suka diskusi yang tidak lama jadi pastikan dia tahu bahwa beritahu pendapatnya juga penting untuk tim. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com