Kamis, 23/02/2017 17:00 WIB

7 Barang dalam Rumah yang Ternyata Bisa Bikin Anda Tak Bahagia

Rahmi Anjani - wolipop
7 Barang dalam Rumah yang Ternyata Bisa Bikin Anda Tak Bahagia Foto: Thinkstock
Jakarta - Belakangan ini merasa kurang betah di rumah? Mungkin Anda terlalu banyak menyimpan barang-barang yang buat orang tidak bahagia. Menurut para pakar dan penelitian, benda-benda yang kurang sedap dipandang dan tidak terpakai bisa mempengaruhi mood penghuni rumah. Sebaiknya tumpukan barang seperti itu dibuang atau dijual saja agar rumah lebih lega dan ada tambahan penghasilan.

1. Hadiah Tak Terpakai
Baru menikah dan dapat barang-barang yang sebenarnya kurang dibutuhkan? Sebaiknya jangan terus disimpan dan dibiarkan menumpuk di rumah. Jika bisa berilah ke orang lain atau dijual saja. Menurut Dr. Susan Bartell, koleksi benda itu bisa membuat Anda tidak bahagia karena perasaan tidak enak untuk membuang apalagi itu pemberian orang.

2. Buku yang Tidak Disukai
Tak disangka jika simpanan buku di rumah juga bisa membuat Anda tidak bahagia. Buku ternyata bisa mempengaruhi emosi pemilik sehingga hindari memajangnya jika sebenarnya tidak suka. Penulis Christina Waters, PhD menyatakan jika memang kadang sulit untuk melepas buku karena kenangan yang tersimpan di dalamnya. Tapi untuk kesehatan jiwa Anda, tak ada salahnya untuk mengurangi beberapa.

3. Kenangan Masa Kecil
Masa kecil yang bahagia memang sulit untuk dilupakan. Untuk itu, ada sebagian orang yang memilih menyimpan boneka atau mainannya hingga tumbuh besar. Padahal hal tersebut bisa membuat Anda lelah secara emosi. Apa penyebabnya?

"Perubahan selalu membawa pertanyaan mengenai siapa kita dan apa yang kita inginkan dalam hidup. Menemukan koleksi boneka yang kita punya sejak kecil tidak lagi membawa kesenangan seperti memaksa kita untuk tumbuh dewasa," kata Christina.

4. Koleksi dan Hobi Terbengkalai
Sebaiknya buang juga koleksi atau alat-alat hobi yang sudah tidak terpakai. Misalnya saja koleksi DVD yang sudah tak ingin ditonton atau alat-alat yang juga tak mau disentuh lagi. Rasa tak bahagia biasanya datang karena rasa bersalah dan kekhawatiran.

"Kita sering merasa bersalah karena telah menghabiskan uang untuk barang-barang yang tidak terpakai. Jadi kita menyimpannya, berpikir jika kita tidak melepaskan barang hobi, kita belum menyerah," ungkap penulis Miss Minimalist.

5. Barang Rusak
Sama seperti barang-barang tak terpakai, benda rusak juga bisa membuat suasana hati tidak nyaman. Biasanya hal tersebut dikarenakan Anda menganggap jika barang itu masih bisa digunakan suatu saat dan rasa takut kekurangan barang. Padahal benda rusak bisa merusak energi dan membuat kesal karena perasaan perlu membetulkannya.

6. Salah Warna
Hati-hati pula dengan tembok atau dekorasi rumah yang salah warna. Secara psikologis, warna memang bisa sangat mempengaruhi mood orang yang melihat. Untuk itu, hindari menerapkan banyak warna kusam yang bisa membuat Anda merasa muram. Tapi jangan pula terlalu memilih warna karena alasan psikologis atau saran orang lain. Sebaiknya pilih furniture atau tembok dengan warna yang disuka juga.

7. Gelas 'Random'
Punya terlalu banyak gelas hadiah dari berbagai toko atau perusahaan? Sebaiknya buang atau berikan pada orang lain. Meski kedengarannya sepele, koleksi gelas 'random' dengan berbagai gambar dan tulisan bisa membuat Anda merasa kurang bahagia. Orang biasanya memang enggan membuangnya karena barang tersebut adalah gratis sehingga merasa sudah berhemat. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com