Jumat, 17/02/2017 19:22 WIB

Pasangan LDR Kini Bisa Saling Bersentuhan Berkat Sarung Tangan Ini

Rista Adityaputry - wolipop
Pasangan LDR Kini Bisa Saling Bersentuhan Berkat Sarung Tangan Ini Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain komunikasi yang lancar, salah satu elemen penting dalam sebuah hubungan adalah adanya sebuah keintiman. Kedekatan fisik bisa membuat keharmonisan dalam hubungan Anda meningkat. Lalu, bagaimana untuk pasangan yang sedang melakukan hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR)?

Masalah komunikasi sudah terjawab dengan adanya ponsel dan berbagai aplikasi chat dan video call yang bisa memuaskan rasa rindu pada pasangan. Tapi tetap tidak terpuaskan jika tidak saling menyentuh. Kini, tak perlu sedih lagi karena ada sebuah teknologi canggih yang diperuntukkan bagi pasangan LDR.
Pasangan LDR Kini Bisa Saling Bersentuhan Berkat Sarung Tangan IniFoto: ist

Sepasang sarung tangan berteknologi tinggi bernama Flex-N-Feel akan menghapus kekhawatiran para pasangan LDR. Teknologi yang dikembangkan di Laboratorium Carman Neustaedter Universitas Simon Fraser, Kanada ini membuat pasangan di tempat berbeda bisa melakukan kegiatan fisik yang mereka inginkan. Sarung tangan terdiri dari dua benda, yaitu satu sarung tangan pengirim respon dan satu sarung tangan penerima respon.

"Pengguna sarung tangan bisa melakukan gerakan gestur tubuh, seperti bergandengan tangan, saling menyentuh wajah, dan memeluk," jelas Neustaedter, profesor di School of Interactive Arts and Technology (SIAT), Universitas Simon Fraser.

Dijelaskan Neustaedter, sensor pada kedua sarung tangan yang berbeda itu terhubung pada sebuah pengontrol mikro yang akan memancarkan sensor pada sarung tangan penerima dengan menggunakan modul Wi-Fi. Neustaedter menambahkan, "Gerakan menekuk dan melenturkan jari adalah cara lembut untuk menirukan sebuah sentuhan."

Sarung tangan yang digunakan saat ini masih berupa bentuk dasar dan masih akan ada tes selanjutnya. Neustaedter juga menjelaskan bahwa apabila satu set sarung tangan bisa digunakan untuk melakukan sentuhan satu arah, dua set sarung tangan tentu bisa digunakan untuk dua arah.

Tak hanya sarung tangan ini, Laboratorium Neustaedter juga sedang mengembangkan sistem yang dapat membuat seseorang melihat seolah-olah melalui kedua mata pasangannya dan sistem lain yang dapat menyiarkan secara langsung kegiatan seseorang pada pasangannya yang melakukan LDR.

"Hubungan jarak jauh sangatlah umum saat ini, namun jarak tidak harus menjadi halangan untuk merasakan kehadiran fisik seseorang. Jika pasangan tidak bisa bersama secara fisik, kami harap kami bisa membuat teknologi yang memberikan solusi atas masalah tersebut," kata Neustaedter. (kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Other Articles

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com