Jumat, 17/02/2017 17:45 WIB

Coba Warnai Alis, Mata Remaja Ini Bengkak dan Hampir Buta

Rista Adityaputry - wolipop
Coba Warnai Alis, Mata Remaja Ini Bengkak dan Hampir Buta Foto: ist
Jakarta - Mewarnai rambut tanpa tes alergi terlebih dahulu bisa membahayakan kesehatan. Jika memang alergi tapi tetap memakai cat itu, bisa-bisa sesuatu yang kurang menyenangkan terjadi pada tubuh Anda. Bukan hanya ruam atau pembengkakan, mata pun bisa hampir buta. Hal tersebut terjadi pada Tylah Durie (16). Keika berusaha mengecat alis dan bulu matanya, mata Tylah mengalami pembengkakan.

Remaja asal Australia ini awalnya ingin membuat alis dan bulu matanya lebih gelap dengan menggunakan pewarna khusus alis dan bulu mata. Tapi bukannya terlihat lebih cantik justru reaksi alergilah yang ia dapat.

Setelah 30 menit diaplikasikan, Tylah merasa gatal di bagian alis dan bulu mata. Kedua bola matanya pun mengalami luka bakar yang cukup parah sehingga menyebabkan terjadinya pembengkakan. Saat terbangun keesokan harinya, ia merasa hampir buta karena mata yang sangat membengkak.

Coba Warnai Alis, Mata Remaja Ini Bengkak dan Hampir ButaFoto: ist
"Mataku membengkak seperti balon. Aku hanya bisa menangis dan berteriak. Ibuku berkata kalau aku terlihat seperti kodok karena alisku terlipat dan mataku sangat bengkak," cerita Tylah pada Yahoo Australia.

Ia kemudian dilarikan ke rumah sakit dan didiagnosis terkena alergi terhadap paraphenylenediamine (PPD), bahan kimia yang sering ditemukan dalam pewarna rambut dan tato henna warna gelap. Karena alergi tersebut, ia harus mengenakan sarung tangan untuk mengantisipasi apabila ia menyentuh sesuatu yang mengandung PPD lagi.

Coba Warnai Alis, Mata Remaja Ini Bengkak dan Hampir ButaFoto: ist
Alergi Tylah kini telah tertangani oleh dokter dengan baik. Ia pun harus melakukan pengecekan mata secara teratur untuk memonitor pengaruh dari sisa luka bakar yang ia alami. Dokter pun melarang Tylah untuk memakai pewarna lagi karena nantinya dapat memberikan efek lebih parah, seperti kebutaan dan bahkan kematian.

"Aku meminta semua orang untuk selalu mengetes produk pewarna yang akan dipakai dan menunjukkan alergiku sebagai peringatan," kata remaja sekolah kecantikan itu.

Dalam setiap produk pewarna sebenarnya selalu ada peringatan untuk melakukan pengetesan terlebih dahulu sebelum memakai seluruh produk ke kepala atau kulit. Tapi banyak yang tidak terlalu peduli dan langsung melakukan pewarnaan karena memang kasus alergi memang cukup jarang terjadi. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177