Jumat, 17/02/2017 15:05 WIB

Foto: Ketika Model Berhijab Eksis di Runway Fashion Week Dunia

Arina Yulistara - wolipop
Foto: Ketika Model Berhijab Eksis di Runway Fashion Week Dunia Foto: Getty Images
Jakarta - Wanita berhijab semakin berani menunjukkan ekpresinya di ranah publik. Meski banyak pergolakan yang terjadi di beberapa negara barat namun hal tersebut tidak membuat para hijabers muda mundur dari passion-nya. Bahkan sejumlah wanita berhijab menjadi populer karena aksinya yang berani tampil beda.

Seperti yang dilakukan Halima Aden, hijabers berdarah Somalia-Amerika yang menjadi perbincangan setelah mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota USA. Tidak hanya itu, ia kini kembali bergaung namanya setelah dipercaya rapper Kanye West untuk membawakan rancangan terbarunya dari Yeezy Season 5 di New York Fashion Week (NYFW) pada Rabu (15/2/2017).

Sebelumnya, beberapa desainer dunia juga pernah menampilkan model berhijab di runway dalam ajang fashion week. Siapa saja desainer yang pernah tampilkan model berhijab di panggung fashion week dunia?

1. Kanye West
Ketika Model Berhijab Eksis di Fashion Show Kanye West Hingga BrazilFoto: Yeezy

Kanye West memamerkan karya terbarunya, Yeezy Season 5, di New York Fashion Week (NYFW). Setelah empat musim sebelumnya label Yeezy mendapat ulasan buruk dari editor mode, di tahun ini Kanye membuat perubahan besar untuk fashion shownya.

Salah satu perubahannya adalah pilihan model yang lebih beragam, yakni adanya wanita berhijab. Ya, suami dari Kim Kardashian itu menampilkan seorang hijabers berdarah Somalia-Amerika, Halima Aden. Halima membawakan koleksi Yeezy Season 5 berupa long outerwear berbulu tebal dalam palet kecokelatan. Halima tetap memakai jilbab warna hitam pekat dan tampil maksimal dengan sepatu hak pendek. Ia tampil percaya diri saat berada di runway NYFW, New York, Amerika Serikat.

2. Karen Walker
Ketika Model Berhijab Eksis di Fashion Show Kanye West Hingga BrazilFoto: Getty Images
Ketika Model Berhijab Eksis di Fashion Show Kanye West Hingga BrazilFoto: Getty Images

Karen Walker juga pernah menampilkan model berhijab untuk koleksi ready to wear miliknya. Ia menyuguhkan model berhijab di NYFW pada 2014 silam. Kala itu, Karen juga merilis beberapa busana modest untuk musim panas.

Terinspirasi dari budaya berkebun Valerie Finnis di Inggris pada tahun '70-an, Karen menyuguhkan busana bernuansa floral. Salah satunya celana bermotif warna kuning muda yang cocok dipakai saat musim panas. Celana motif tersebut cocok dipadukan dengan kemeja polos bernuansa putih. Karen juga menambahkan scraf bernuansa biru bermotif sederhana dan topi besar yang cocok dipakai saat siang hari. Cukup padukan dengan loafer untuk tampil stylish.

Busana lainnya dari Karen yang bisa dipadukan dengan jilbab yaitu paduan celana gingham warna coklat dan blouse berkancing biru pastel. Ia memadukan busana ini dengan scarf kerudung biru muda dan floppy hat.

3. Cavalera
Ketika Model Berhijab Eksis di Fashion Show Kanye West Hingga BrazilFoto: Situs denimjeansobserver

Brand fashion asal Brazil Cavalera juga pernah menampilkan model berkerudung bahkan mengenakan cadar di São Paulo Fashion Week. Brand milik Alberto Hiar dan musisi Iggor Cavalera, pernah memperlihatkan model mengenakan setelan celana panjang, blouse, dan cropped jacket ditambah scarf yang melilit kepalanya. Cadar melengkapi gaya kasual model kala itu. Meski demikian, model yang tidak mengenakan inner memperlihatkan sedikit rambutnya karena bagian samping tidak tertutup.

4. Pekan Mode di Tokyo
Ketika Model Berhijab Eksis di Fashion Show Kanye West Hingga BrazilFoto: Reuters

Untuk pertamakalinya, Tokyo menggelar acara Muslimah Fashion Show yang merupakan bagian dari Halal Expo Japan. Para model Jepang didandani mengenakan jilbab menggunakan berbagai brand busana dari Jepang hingga Singapura. Acara tersebut dihelat pada akhir tahun lalu dan sempat diberitakan banyak media massa secara global.




(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com