Kamis, 16/02/2017 13:11 WIB

Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye West

Arina Yulistara - wolipop
Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye West Foto: Instagram @kinglimaa
New York City - Masih ingat dengan sosok Halima Aden? Hijabers pertama yang mengikuti kontes kecantikan di Amerika Serikat (AS). Ya, Halima berhasil menjadi salah satu peserta di kontes kecantikan Miss Minnesota USA.

Meski tidak keluar sebagai pemenang namun wanita 20 tahun itu menjadi populer karena merupakan dianggap mencetak sejarah. Belum ada sebelumnya hijabers yang mengikuti kontes kecantikan Miss Minnesota USA. Hanya Halima yang berani tampil beda terutama saat sesi bikini, ia memilih menggunakan burkini.



Kali ini, Halima kembali menarik perhatian karena dipercaya Kanye West untuk membawakan karya terbarunya dalam koleksi Yeezy Season 5 di New York Fashion Week (NYFW) pada Rabu (15/2/2017). Yuk mengenal lebih dekat dengan sosok Halima.

Fashion Show Kanye West




Halima kembali menjadi perbincangan setelah tampil di fashion show Kanye West. Ia membawakan koleksi Yeezy Season 5 berupa long outerwear berbulu tebal dalam palet kecokelatan. Halima tetap memakai jilbab warna hitam pekat dan tampil maksimal dengan sepatu hak pendek. Ia tampil percaya diri saat berada di runway NYFW 2017.

Masuk Agensi Model IMG
Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye WestFoto: Instagram @kinglimaa

Wanita berdarah Somalia-Amerika itu kini masuk agensi model internasional, IMG. Agensi model tersebut menaungi beberapa model papan atas termasuk Karlie Kloss dan Gigi Hadid. Ia berhasil masuk ke IMG setelah aksinya yang menyorot perhatian di Miss Minnesota USA.

"Saya melihat dia (Halima) begitu berani untuk berpegang teguh pada keyakinannya. Dia tidak menyerah sampai berhasil berada di sebuah kontes kecantikan Amerika. Kita melihat bagaimana industri ini bereaksi terhadap Halima," papar Presiden IMG Models, Ivan Bart, kepada majalah Business of Fashion.

Baca juga: Pesona Halima Aden, Hijabers yang Pakai Burkini di Kontes Kecantikan AS

Model Cover Majalah
Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye WestFoto: Dok. CR Fashion Book

Bakat Halima sebagai model dihargai oleh sejumlah pelaku fashion. Salah satunya editor ternama Carine Roitfeld. Ia berhasil didaulat menjadi model di cover majalah fashion, CR Fashion Book milik Carine untuk edisi Maret nanti. Carine mengatakan kalau Halima sangat inspiratif.

"Halima berhasil keluar daari batas-batas kecantikan dan persepsi menjadi cantik. Dia menjadi dirinya sendiri. Dia sangat inspiratif dan saya tahu dia akan menjadi ikon. Dalam CR Issue 10, dia akan merepresentasikan keragaman di Paris, di mana campuran budaya global menyatu di situ," papar Carine.

Pengungsi Kenya
Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye WestFoto: Twitter

Halima sedikit bercerita bahwa ia merupakan wanita asli Somalia. Ia termasuk bagian dari pengungsi Kenya dan baru berimigrasi ke Amerika Serikat ketika berusia enam tahun. Wanita lulusan Apollo High School itu juga sedikit bercerita bahwa ketegangan dengan komunitas Somalia telah meningkat selama beberapa tahun belakangan ini di Amerika. Belum lagi banyaknya pesan kebencian terhadap umat Islam dan kelompok etnis lainnya di Minnesota sejak Donald Trump terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat.

"Apa yang aku lakukan hanya untuk memberikan perspektif berbeda. Ini adalah aksi kecil walaupun Anda seorang Somalia-Amerika, wanita muslim, dan aku pikir ini akan membuka mata masyarakat," paparnya saat diwawancara di kontes Miss Minnesota USA.

Banjir Pujian
Foto: Ini Halima, Model Berhijab yang Tampil di Fashion Show Kanye WestFoto: Twitter

Aksi Halima sejak di Miss Minnesota USA banjir pujian dari berbagai pihak terutama komunitas Somalia. Sang ibunda, Rukia Aden, juga sangat mendukung putrinya. "Saya mendukung putri saya. Ini adalah sesuatu yang baru bagi saya. Saya sangat senang tinggal di Amerika Serikat di mana orang bebas dan dapat memakai apa yang mereka inginkan. Ini juga pilihan dia (Halima) dan saya senang dengan apa yang dia pilih," pungkas Rukia.

Tidak hanya itu, ia juga mendapat pujian dari anggota keluarga lain serta Executive Co-Director Miss Minnesota USA, Denise Wallace. "Halima wanita yang pintar. Dia fasih berbahasa Inggris dan Somalia. Dia benar-benar bisa mencetak sejarah," ujar Denise kala itu. (aln/dtg)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com