Sabtu, 11/02/2017 18:22 WIB

Cara Menurunkan Tingkat Stres Ketika Sering Bertengkar dengan Pasangan

Kiki Oktaviani - wolipop
Cara Menurunkan Tingkat Stres Ketika Sering Bertengkar dengan Pasangan Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Sebahagia apapun pernikahan, pasti ada saja momen yang membuat stres. Mulai dari anak, pekerjaan atau pertengkaran-pertengkaran yang terjadi bisa menjadi pemicu stres dalam pernikahan.

Ketika stres datang maka pasangan bisa menjadi tidak sabar. Saat perdebatan terjadi pun, pasangan biasanya akan mempertahankan ego mereka masing-masing. Untuk itu, stres dalam pernikahan harus segera diatasi. Inilah cara menurunkan tingkat stres dalam pernikahan.

1. Memahami Pereasaan Pasangan
Cobalah Anda berusaha merasakan perasaan pasangan. Dengarkan masalah dan keinginan sang suami. Kendalikan diri, serta mengajak pasangan berdiskusi dengan tenang. Jangan hanya menuruti ego yang sedang memuncak. "Bantu menenangkan perasaannya dan tidak mengajaknya berdebat. Biarkan suami merasa lebih rileks di samping Anda," tutur Leslie Campis, P.hD, seorang psikolog klinis, seperti dikutip dari Women's Health.

2. Belajar Lebih Mendengarkan Pasangan
Jauhkan smartphone dan remote TV ketika pasangan sedang berkeluh-kesah. Fokus dengan apa yang dikatakannya, kalau perlu,
perjelas lagi inti pembicaraan pasangan. Kemudian, pikirkan solusi terbaik atau memberikan saran agar suami lebih tenang. Dengan begitu, pasangan akan merasa dihormati, dihargai, dan dicintai oleh Anda.

3. Mencari Solusi Bersama
Jika suami sedang menghadapi masalah yang membuatnya stres, coba Anda pelajari perlahan-lahan inti permasalahannya. Daripada hanya duduk manis menunggu suami menyelesaikan masalah tersebut, lebih baik Anda juga mengambil sikap.

Ajak suami untuk memecahkan masalah bersama-sama. Menurut Cheryl Gore-Felton, P.hD, seorang professor klinis dan psikolog di Stanford School of Medicine, "katakanlah pada pasangan, 'Ayo kita selesaikan masalah itu bersama-sama!' daripada hanya mendengarkannya saja".

4. Sentuhan Lembut
Stres atau penat yang dialami dalam rumah tangga mungkin tidak dapat hilang begitu saja, hanya sekedar saling cerita dan mendengarkan. Anda bisa luapkan rasa itu dengan memeluk atau menggandengnya ketika berada di tempat umum.

Hal ini dapat membuat perasaan lebih damai dan dicintai. Tidak hanya Anda, pasangan pun pasti juga merasakannya. "Berkomunikasi dengan saling menyentuh dapat mengurangi stres," ujar dokter Gore-Felton. Ketika sedang berjauhan, kirim email ke pasangan supaya bisa menumbuhkan rasa getaran yang membuat hubungan pernikahan semakin harmonis. (kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com