Senin, 06/02/2017 11:45 WIB

5 Seleb Dunia Ini Idap Psoriasis, Penyakit Sama Seperti Istri Caisar

Hestianingsih - wolipop
5 Seleb Dunia Ini Idap Psoriasis, Penyakit Sama Seperti Istri Caisar Foto: Slaven Vlasic/Getty Images
Jakarta - Istri Caisar, Indadari, baru-baru ini diketahui menderita penyakit psoriasis yang diidapnya sejak lama. Psoriasis merupakan penyakit kulit yang timbul akibat gangguan sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini merupakan gangguan autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan, menyebabkan sel-sel kulit berkembang terlalu cepat.

Gejala psoriasis diantaranya timbul bercak putih, putih keperakan atau merah bersisik yang tampak menebal dan biasanya menyerang sebagian kecil hingga sebagian besar area tubuh. Kim Kardashian, merupakan salah satu selebriti yang mengaku mengidap psoriasis. Tak hanya Kim, sejumlah selebriti wanita ini pun menderita penyakit yang bersifat 'kambuhan' itu.

1. Kim Kardashian
Foto: Dok. Getty Images, AFP, Instagram

Kim mengatakan bahwa ia mengidap psoriasis, yaitu penyakit auto-imun yang menyebabkan gatal, perih, kemerahan dan muncul seperti sisik berwarna keperakan pada kulit. Psoriasis biasanya akan menyerang saat seseorang merasa stres atau panik yang berlebihan. Jelang satu bulan pernikahannya dengan mantan suaminya, Kris Humphries, Kim mendapati kulitnya terasa gatal-gatal, kering dan terdapat ruam-ruam merah. Ia pun segera memeriksanya ke dermatologist. Namun setelah mendengar hasil diagnosa dokter, Kim cemas dan sedih karena ternyata ia menderita psoriasis.

Dokter kulitnya pun menyarankan Kim untuk tenang, karena stres hanya akan membuat kondisinya bertambah parah. Meskipun sempat panik, akhirnya ibu dua anak ini sudah bisa menerima kondisinya dengan selalu berpikiran positif.

"Saya mengidap psoriasis, tidak ada yang bisa saya lakukan dengan itu jadi tidak ada alasan kenapa saya harus merasa tidak nyaman," tutur Kim, seperti dikutip dari Mirror.

2. LeAnn Rimes
Foto: Getty Images

Penyanyi country ini didiagnosa psoriasis ketika dia baru berusia dua tahun. Pada usia enam tahun, kondisinya bertambah parah. Bercak merah dan kulit yang tampak menebal menutupi 80 persen tubuhna kala itu. Akibat penyakitnya tersebut, Rimes pun sempat dijuluki gadis bersisik saat ia kecil. Peraih piala Grammy ini sampai tidak berani memakai gaun atau rok pendek bahkan ketika ia sudah dewasa dan menjadi selebriti. Namun kini Rimes bisa lebih percaya diri karena kini ia bisa bilang sudah bebas dari psoriasis.

Kepada Health, wanita 34 tahun ini mengatakan psoriasis sudah tidak perlu ia khawatirkan lagi berkat pengobatan rutin dan gaya hidup sehat yang dijalaninya. "Merupakan salah satu hal terbaik dalam hidupku," ujarnya.

3. Kris Jenner
Foto: Getty Images

Penyakit psoriasis yang dialami Kim Kardashian merupakan turunan dari sang ibu, Kris Jenner. Sosialita berusia 61 tahun itu diketahui juga menderita psoriasis. Dari Kris lah, Kim mendapatkan saran bagaimana mengatasi psoriasis agar tidak sering kambuh. Kuncinya adalah gaya hidup sehat dan menghindarkan diri dari lingkungan yang berpotensi memicu stres.

4. Cara Delevingne
Foto: Chris Jackson/Getty Images

Model sekaligus aktris ini mengatakan, pertamakali psoriasis muncul karena stres akut yang dialaminya ketika masih aktif bekerja di dunia modeling. Ruam kemerahan bahkan sempat terlihat di kakinya, saat ia berjalan dalam sebuah fashion show. Kondisi tersebut membuat Cara memutuskan untuk vakum dari profesinya sebagai model.

"Orang memakai sarung tangan dan tidak mau menyentuhku karena mereka mengira itu, seperti lepra atau penyakit lain," ujar Cara kepada The Times.

5. CariDee English
5 Seleb Dunia Ini Idap Psoriasis, Penyakit Sama Seperti Istri CaisarFoto: Getty Images

Pemenang America's Next Top Model 2006 ini bercerita impiannya menjadi seorang model profesional hampir tidak terwujud karena psoriasis. CariDee bercita-cita jadi model, namun psoriasis yang menyelimuti 70 persen tubuhnya itu sempat membuatnya urung. Ia pun mengonsumsi obat bernama Raptiva yang membantu membuat kulitnya terlihat lebih bersih dan 'normal'.

Mengenai cara mengatasi psoriasis agar tidak kambuh lagi, CariDee memberi saran untuk tetap tenang dan mencintai diri sendiri. "Aku belajar tentang apapun yang kamu miliki, kamu harus menerimanya. Tidak berarti kamu harus menyukainya, tapi kamu harus menerima bahwa itu adalah bagian dari dirimu," tukasnya.

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177