Tarot Expert
Rani Dharma

Tarot Reader, Graphic Designer and Art Lover
Jumat, 03/02/2017 10:34 WIB

Mantan Siap Menikah Atau Pacar yang Tak Jelas, Siapa Lebih Baik?

Rani Dharma - Wolipop
Mantan Siap Menikah Atau Pacar yang Tak Jelas, Siapa Lebih Baik? Foto: Thinkstock
Jakarta - Usia saya sekarang 23 tahun. Saya saat ini berpacaran dengan seseorang (dulu teman Sma). Dia lebih muda setahun. Hubungan kami belum ada setahun. Tapi saya juga masih terikat komitmen dengan mantan.

Karena beban hidupnya berat, saya ingin menjelaskan semuanya setelah ia berhasil mendapat pekerjaan. Keluarga saya bersama si a, si b, saling mengenal. Mama saya sepertinya tidak masalah tentang menikah muda, yg penting sudah bekerja dan tanggung jawab, karena beliau juga menikah muda dulu. Mama juga sepertinya peduli dengan mantan, walaupun kadang beliau tidak konsisten terhadap pilihannya. Bahkan mantan dan keluarga lebih sering kode tentang menikah (sampai sekarang).

Dia bilang akan menikahi saya setahun setelah mendapat pekerjaan tetap. Beda dengan pacar saya dan keluarganya, masih dilarang buru-buru. Dia juga bilang masih ada tanggungan. Sebenarnya saya tidak masalah. Toh, saya juga masih ingin berkarir.

Tapi, ada sikap yang saya kurang suka dari pacar, sedikit kesalahan dari saya bisa jadi parameter yang berlebihan untuk dia. Seperti tidak mempercayai bahwa kelak, saya bisa menjadi ibu yang baik. Saya sakit hati, padahal dia tau bagaimana perjuangan saya selama ini. Menurut kak Rani, bagaimana? Saya takut memilih menjalin hubungan dengan yang tidak ingin berkomitmen, karena saya siap bila diajak nikah muda. Siapa yg lebih baik? Terimakasih.

Llintang, 23 tahun
Jawab:

Kartu Anda adalah Brazen head (justice), Spirit Gauge terbalik dan Three of Submersibles. Sebenarnya dari kartu tersebut yang lebih berkomitmen kelihatannya adalah pacar Anda sekarang. Namun tentu saja karena usia yang lebih muda maka keluarganya kurang yakin apakah Anda calon yang terbaik untuk anaknya atau tidak.


Sebaiknya Andapun santai dan lebih baik berikan bukti bahwa Anda bisa menghidupi diri sendiri bahkan keluarga besar kalau mampu. Jika ada reaksi berlebihan, terlihat sebenarnya pacar masih kurang percaya diri berpasangan dengan Anda. Jadi jangan salah mengerti ya.

Memang Anda berdua masih kurang tempaan hidup, masih banyak ego masing-masing dan masih terlalu banyak percaya pada omongan orang lain. Bagaimanapun juga, pernikahan itu langgeng karena kekompakan berdua, bukan karena orang tua, bukan juga karena asumsi. Oleh sebab itu coba sekarang rasakan lagi mana yang Anda yakini paling sayang dengan Anda.
(asf/asf)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com