Selasa, 31/01/2017 18:18 WIB

Demi Lovato Olahraga Empat Jam Sehari, Amankah?

Daniel Ngantung - wolipop
Demi Lovato Olahraga Empat Jam Sehari, Amankah? Foto: Getty Images
Jakarta - Aktris dan penyanyi Demi Lovato sedang giat-giatnya berolahraga. Begitu rajinnya, ia bisa berolahraga enam hari dalam sepekan di gym favoritnya dengan durasi empat jam sehari. Tapi amankah berolahraga selama berjam-jam bagi tubuh? Ahli fisik pun angkat bicara.

Baru-baru ini, Demi mengunggah sebuah video di Instagram yang menampilkan aksinya melakukan martial arts di Unbreakable Performance Center, Los Angeles, California, AS.

"Demi bisa ada di sini sampai empat jam per hari. Inilah tempat di mana ia bisa menjadi dirinya sendiri, bukan bintang pop. Dia bicara banyak soal ketergantungannya dan ini telah menjadi candu sehatnya. Dia terlihat ceria di sini," ujar Jay Glazer pemilik pusat kebugaran tersebut.

Demi Lovato Olahraga Empat Jam Sehari, Amankah?Foto: Larry Busacca/Getty Images

Semangat Demi dalam melatih fisiknya memang patut diacungi jempol. Namun menurut Brian Schulz, M.D., seorang ahli bedah ortopedi sekaligus dokter olahraga di Karlen-Jobe Orthopaedic Clinic, Los Angeles, berolahraga dalam durasi yang panjang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. "Semuanya bergantung pada orang tersebut," ungkap Brian seperti dikutip Shape.

Ia mengatakan, bukan masalah bagi seorang atlet untuk berolahraga selama berjam-jam karena itu memang pekerjaannya. Lain halnya dengan mereka yang bukan atlet.

Tubuh atlet memang sudah dikondisikan sehingga dapat melakukan aktivitas fisik yang berat dalam durasi panjang. Selain itu, para atlet juga didampingi pelatih yang memastikan mereka agar tidak melukai diri atau berlatih secara berlebihan.

Demi sendiri berolahraga selama empat jam, namun tidak secara nonstop. Ia akan menyelinginya dengan istirahat atau mengganti gerakan, yang merupakan kunci untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Agar sesi olahraga Anda tidak kelewat batas dan membahayakan kesehatan, beri perhatian lebih dan dengarkan tubuh. Jika tubuh bebas dari rasa nyeri atau cedera, berarti sesi latihan fisik itu aman dilakukan.

Salah satu tanda bahaya karena tubuh terlalu lama berolahraga adalah timbulnya DOMS (delayed-onset muscle soreness). DOMS adalah rasa pegal dan nyeri yang baru muncul beberapa hari setelah Anda berolahraga. (dng/dng)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com