Senin, 23/01/2017 11:16 WIB

Sumbangan Capai Rp 2 Miliar, Billboard 2 Hijabers Australia Kembali Dipasang

Arina Yulistara - wolipop
Sumbangan Capai Rp 2 Miliar, Billboard 2 Hijabers Australia Kembali Dipasang Foto: Twitter
Australia - Perkara mengenai billboard yang menampilkan dua wanita berhijab di Australia masih terus berlanjut. Setelah dikecam hingga mendapat ancaman, billboard dua hijabers dalam iklan Australia Day tersebut diturunkan.

Iklan ini diklaim netizen tak menggambarkan keragaman masyarakat Australia hanya dengan menampilkan dua wanita berhijab tanpa ada teman dari budaya lainnya. Seharusnya iklan bisa dibuat dengan melihat perbedaan budaya dan agama di negara bersuku Aborigin tersebut. Meski demikian, banyak pula yang memberikan pujian.
Sumbangan Capai Rp 2 Miliar, Billboard 2 Hijabers Australia Kembali DipasangFoto: Ist.

Setelah menjadi kontroversi, perusahaan iklan yang menampilkan dua gadis berhijab itu --QMS-- mendapat kecaman hingga peringatan dari para Islamophobia. Ancaman tampak mengkhawatirkan keselamatan para karyawannya sehingga mereka memutuskan untuk menurunkan iklan sementara.

Penurunan iklan karena kecaman dari para Islamophobia rupanya memicu pergolakan dalam masyarakat. Creative Director of Campaign Edge, Dee Madigan, yang cukup populer di media sosial, kemudian menggelar kampanye anti rasis serta menggalang dana secara online.

Melalui GoFundMe, pengumpulan dana dilakukan dengan tujuan menampilkan kembali iklan billboard dengan ikon dua gadis muslim berhijab sambil memegang bendera Australia. Tak disangka, dana yang didapat mencapai 125 ribu AUD atau sekitar Rp 1,2 Miliar dalam waktu 24 jam.

"Saya berusaha berbesar hati awalnya dan saya pikir terkadang yang jahat bisa menang. Tapi kemudian ketika ini (dana terkumpul) terjadi dengan cepat saya berpikir 'Tidak, mereka tidak menang, lebih banyak orang baik di luar sana'. Ketika mereka menurunkan satu, kita akan tampilkan lagi 20 lainnya," ujar Dee seperti dilansir dari ABC Australia.

Pada Kamis (19/1/2017), sumbangan dana berhasil mencapai 150 ribu AUD atau sekitar Rp 2 miliar. Target awal hanya 20 ribu demi bisa memasang kembali billboard yang menampilkan dua gadis muslim berjilbab putih-biru itu. Melihat banyaknya perhatian masyarakat akan masalah ini, target terbaru bisa mendapatkan dana hingga 200 ribu AUD atau Rp 2,6 miliar.
Sumbangan Capai Rp 2 Miliar, Billboard 2 Hijabers Australia Kembali DipasangFoto: Facebook

Rencananya, iklan billboard bergambar hijabers akan dipasang kembali di kota-kota besar Australia dan koran. "Kita awalnya hanya berharap untuk bisa memasang kembali billboard, dan sekarang kita akan memasang billboard di kota-kota besar Australia serta satu halaman penuh di koran nasional," papar Dee dikutip dari SBS.

Dee pun telah memesan iklan digital bergambar wanita berhijab untuk dipasang di Preston, Collingwood, Springvale, Endeavour Hills, dan Yarraville. Sedangkan di Queensland, ia telah memesan billboard untuk dipasang di Kedron, West End, South Brisbane, Newstead, Fortitude Valley, Woolloongabba, dan Kangaroo Point.

Dee mengaku kalau ia cukup takjub dengan hasil dari penggalangan dana yang didapatkannya saat ini. "Kita memilih untuk melakukan sesuatu untuk itu dan ternyata responnya sangat mengejutkan dan melegakan. Ini menunjukkan bahwa warga Australia penuh toleransi dan tidak suka bertindak dengan cara mengancam," tambahnya kemudian.

Simak video 20detik di bawah ini:

(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com