Rabu, 18/01/2017 09:58 WIB

Gwyneth Paltrow Promosikan Clean Sleeping Agar Tubuh Sehat, Seperti Apa?

Hestianingsih - wolipop
Gwyneth Paltrow Promosikan Clean Sleeping Agar Tubuh Sehat, Seperti Apa? Foto: Getty Images
Jakarta - Gwyneth Paltrow dikenal sebagai selebriti yang sangat peduli dengan gaya hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan sehat dan organik serta rajin berolahraga, baru-baru ini Gwyneth memperkenalkan metode 'clean sleeping' untuk meningkatkan kesehatannya.

Apa itu clean sleeping? Secara harfiah, artinya 'tidur bersih'. Namun dalam konteks ini pengertian clean sleeping sebenarnya lebih kepada kualitas tidur yang baik. Aktris berusia 44 tahun ini yakin tidur yang baik dan berkualitas di malam hari adalah kunci dari hidup sehat.

Menariknya, durasi tidur yang disarankan Gwyneth berbeda dari saran dokter maupun pakar kesehatan pada umumnya. Jika selama ini yang kita tahu, tidur berkualitas hanya 7-8 jam, menurut pendiri situs gaya hidup Goop ini, waktu tidur yang ideal adalah 10 jam tiap malam.
Foto: Thinkstock

"Gaya hidup yang aku jalani tidak hanya berbasis pada makan sehat, tapi juga tidur sehat: sedikitnya tujuh atau delapan jam tidur nyenyak berkualitas, dan idealnya sampai 10 (jam)," tulisnya dalam buku terbaru 'Goop Clean Beauty', seperti dikutip dari Female First.

Ibu tiga anak ini menambahkan, tidur yang cukup tidak hanya meningkatkan tenaga ketika bangun esok paginya, tapi juga membantu mengontrol hasrat makan. Oleh karena itu Gwyneth mengingatkan tidur cukup di malam hari seharusnya menjadi prioritas dalam menjaga kesehatan.

"Tidur memegang peranan penting untuk mengatur hasrat makan dan tingkat energi karena itulah aku yakin tidur harus jadi prioritas pertama, bahkan sebelum Anda memikirkan diet. Sebab tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri dan melakukan detoksifikasi sepanjang malam. dan proses inilah yang membuat Anda tampil lebih baik keesokan harinya," tutur mantan istri Chris Martin ini.
Foto: thinkstock

Apakah perlu tidur sampai 10 jam di malam hari untuk kesehatan? Seperti dikutip dari Huffington Post, bagi bayi dan anak kecil, memang dianjurkan tidur selama 10 sampai 12 jam sehari. Tapi berdasarkan sejumlah penelitian, idealnya orang dewasa dianjurkan tidur 7-8 jam sehari tiap malam.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Quebec, Kanada, menemukan bahwa orang yang tidur hingga 10 jam, 25 persen lebih mungkin naik berat badannya hingga 5 kilogram, meskipun mereka telah mengontrol asupan kalori dan menjaga makanannnya. Studi lain yang dipresentasikan dalam diskusi American College of Cardiology menyebutkan, tidur lebih dari delapan jam sehari bisa meningkatkan risiko sakit jantung.

Para peneliti menganalisa data dari 3.000 orang dan menemukan bahwa orang yang kebanyakan tidur dua kali lebih berisiko menderita angina pektoris (angin duduk), yaitu kondisi berkurangnya pasokan oksigen dan menurunnya aliran darah ke jantung ketimbang yang tidurnya hanya 7-8 jam sehari. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com