Love Expert
Anna Surti Ariani

Psikolog Anak dan Keluarga
Psikolog di Klinik Terpadu Universitas Indonesia, Pendiri Situs Pranikah, Twitter: @AnnaSurtiNina
Jumat, 30/12/2016 11:46 WIB

Pacaran dengan Pria Lebih Muda yang Tak Kunjung Mengajak Menikah

Anna Surti Ariani - Wolipop
Pacaran dengan Pria Lebih Muda yang Tak Kunjung Mengajak Menikah Foto: Thinkstock
Jakarta - Saya single parent dari thn 2002 suami meninggal. Sampai hari ini belum ada jodoh lg. Saya punya temen dekat usia lebih muda 5 tahun. Dia bujangan, hubungan kami sudah jalan hampir 8 tahun. Tapi belum ada ajakan untuk menikah. Saya sudah sering menanyakan tentang hubungan ini mau dia bawa kemana. Apakah dia serius dengan saya? Karena saya juga tidak pernah dikenalkan ke keluarganya. Dia seorang perantauan dan kami berbeda agama. Apakah saya harus mengakhiri hubungan ini?

(Eva, 48 Tahun)

Jawab:

Hai Mbak Eva,

Di usia Anda, sebetulnya beda usia 5 tahun bukanlah perbedaan besar sekali (dibandingkan saat Anda di bawah 20 tahun). Hal ini karena Anda berdua berada pada tahap perkembangan psikologis yang setara, yaitu di usia dewasa madya. Sangat mungkin Anda berdua sudah matang, sehingga perbedaan usia dan perbedaan agama tidak terlalu berpengaruh dalam hubungan Anda.

Walaupun demikian, jika ia sama sekali tak pernah merencanakan hubungan ke depan bersama Anda, dan tak sungguh serius mengenalkan Anda dengan keluarganya, mungkin ia memang tidak merencanakan hidup berkeluarga. Untuk memastikannya tentu saja Anda perlu berdiskusi mendalam dengannya. Anda bisa bertanya tentang rencana-rencananya ke depan, misalnya 1 atau 5 tahun ke depan. Anda bisa bertanya apakah secara pribadi ia memiliki rencana berkeluarga. Anda bahkan bisa bertanya apakah Anda dan anak Anda termasuk dalam rencananya ke depan.

Jika ia punya rencana berkeluarga, dan Anda termasuk dalam rencana hidupnya, maka Anda bisa bertanya persiapan-persiapan selanjutnya. Namun jika tidak, Anda mungkin bisa memikirkan cara terbaik untuk mengakhiri hubungan ini. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com