Rabu, 11/01/2017 09:39 WIB

Muncul Jerawat di Miss V, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Hestianingsih - wolipop
Muncul Jerawat di Miss V, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Foto: Thinkstock
Jakarta - Jerawat tidak hanya bisa menyerang kulit wajah tapi bagian tubuh lainnya. Selain wajah, bagian tubuh lain yang rentan ditumbuhi jerawat biasanya di punggung. Namun jerawat ternyata juga bisa muncul di organ intim.

Seperti hal nya bagian tubuh lain yang ditutupi kulit, area vagina pun bisa ditumbuhi jerawat. Tumbuhnya jerawat pada vagina biasa disebut dengan vulva acne, dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Biasanya jerawat muncul di Miss V dengan sendirinya, atau karena area intim yang terlalu lembap.
Foto: Thinkstock

Jerawat pada Miss V lebih rentan muncul pada wanita yang sering berolahraga. Ketika terpapar lembap --akibat keluarnya keringat-- terus menerus tanpa sering mengganti pakaian dalam, bakteri bisa tumbuh dan menyebabkan jerawat. Dokter kandungan Catherine Goodstein, M.D., mengatakan sering melihat jerawat pada bagian vulva (bibir Miss V) yang umumnya dialami pasien hobi olahraga atau atlet.

"Pada orang yang hobi olahraga kemungkinan terjadinya gesekan pada vulva lebih besar, misalnya (saat mengikuti) kelas spinning. Banyak keluar keringat ditambah produksi sebum berlebihan dan baju olahraga ketat bisa menyebabkan jerawat," jelas dokter yang berbasis di New York, Amerika Serikat ini, seperti dikutip dari Glamour.
Foto: Thinkstock

Jerawat yang tumbuh di Miss V biasanya akan hilang dengan sendirinya, apabila Anda rutin menjaga kebersihan area intim. Seperti mengganti pakaian dalam minimal dua kali sehari, membasuh Miss V setiap kali selesai buang air kecil dan menjaga area Miss V tetap kering. Tapi jika jerawat sudah meradang dan menimbulkan rasa sakit serta tidak nyaman, maka Anda bisa kompres dengan air hangat di area yang tumbuh jerawat. Satu hal yang paling penting, sebaiknya tidak mengobati jerawat dengan krim, gel atau losion anti jerawat.

"Kebanyakan vulva acne tidak akan kembali muncul seperti jerawat yang tumbuh di wajah. Krim tidak akan bekerja efektif karena akan hilang akibat gesekan dari pakaian. Cara terbaik mengatasinya adalah kompres dengan air hangat dan beri waktu agar hilang sendiri," tutur Catherine. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177