Minggu, 01/01/2017 19:17 WIB

Tips Merancang Persiapan Pernikahan dalam Waktu 3 Bulan

Alissa Safiera - wolipop
Tips Merancang Persiapan Pernikahan dalam Waktu 3 Bulan Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebagian orang memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan pesta pernikahan impiannya. Tak jarang mereka melakukannya setahun sebelum tanggal pesta. Yang lainnya, justru tak punya waktu banyak menyiapkan pesta yang sempurna. Namun waktu yang sedikit tak berarti pesta Anda tak akan maksimal. Asalkan membuatkan daftar seperti ini, pesta pun akan berjalan lancar.

Bulan Pertama
Bulan pertama akan jadi bulan tersibuk buat Anda dan pasangan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyamakan suara untuk bujet. Apakah ingin pesta sederhana atau yang mewah, jumlah tamu dan berapa persentase uang yang dikeluarkan pihak wanita dan pria. Dalam hal ini, sebaiknya keluarga juga tahu, dari sana Anda bisa ke tahapan berikutnya.

Jika sudah sependapat, yang selanjutnya perlu dilakukan adalah mencari gedung sesuai tanggal yang diinginkan. Sulit mencari tanggal yang kosong jika pilihan Anda adalah gedung yang memang biasa dipakai untuk lokasi pesta. Untuk itu siapkan beberapa alternatif. Dibanding membuang waktu untuk datang ke tempat itu satu persatu, Anda bisa menyeleksi dengan rajin browsing dan menelepon pengelola gedung.

Jika tempat sudah ada untuk tanggal yang diinginkan, di bulan pertama ini sebaiknya Anda sudah tahu catering yang ingin dipakai. Pastikan juga apakah gedung memiliki rekanan untuk catering dan dekorasi, untuk mengurangi kemungkinan mengeluarkan bujet tambahan.

"Dari seluruh total anggaran biaya, 40 persen paling banyak ada di makanan. 20 persen di dekorasi, 8 persen masing-masing untuk lokasi, pakaian, dan fotografi. 5 persen sisanya untuk biaya souvenir, undangan, dan biaya tak terduga," kata wanita yang akrab disapa Inda dalam acara Wolipop Women's Lounge di Largo Bistrot, Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (8/10/2016).

Bulan Kedua
Di bulan ini, sebaiknya Anda telah menentukan segala vendor yang akan terlibat, dari katering, dekorasi, wedding organizer, fotografi, penata rias sampai busana pengantin.

Jangan lupa juga untuk membuat undangan. Sebaiknya waktu untuk mencetak undangan tidak terlalu mepet. Proses revisi hingga naik cetak bisa sampai berkali-kali. Sebaiknya dilakukan h-2 bulan sebelum acara.

Bulan Ketiga
Buat pertemuan dengan semua vendor. Di bulan ini Anda harus sudah jelas mengungkapkan keinginan dari konsep dan tema pernikahan yang diinginkan. Menjelang hari pernikahan, mulailah memanjakan diri dan jangan terlalu sibuk sehingga aura cantik Anda bisa terpancar di hari besar nanti. (als/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com