Jumat, 02/12/2016 19:40 WIB

4 Gejala Disfungsi Seksual Pada Wanita

Hestianingsih - wolipop
4 Gejala Disfungsi Seksual Pada Wanita Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Disfungsi seksual diketahui lebih umum terjadi pada pria, seperti yang paling umum terjadi di antaranya ejakulasi dini dan sulit ereksi. Tak banyak yang tahu kalau disfungsi seksual juga bisa dialami wanita. Bahkan faktanya, 43 persen wanita dilaporkan mengalami disfungsi seksual. Jumlah ini lebih banyak ketimbang pria yang hanya 31 persen, menurut penelitian dari Cleveland Clinic.

Gejala disfungsi seksual memang lebih mudah dideteksi pada pria karena bisa langsung terlihat lewat kondisi penisnya. Sementara disfungsi seksual pada wanita umumnya lebih menjurus pada masalah psikologis. Seperti apa gejala disfungsi seksual pada wanita? Dokter kandungan Brett Worly, MD, memaparkan empat gejala dan penyebabnya yang paling umum seperti dikutip dari Everyday Health.

1. Kekeringan pada Vagina
Kekeringan pada vagina umumnya terjadi karena perubahan hormon selama masa menyusui dan menopause. Menurut penelitian yang dilakukan terhadap 1.000 wanita menopause, sebanyak 50 persen responden mengaku mengalami vagina kering yang menyebabkan bercinta jadi kurang menyenangkan atau terasa menyakitkan.

2. Gairah Seks Rendah
Seiring menurunnya hormon seks pada wanita karena pertambahan usia, libido pun bisa berkurang. Namun libido rendah tak hanya menjadi masalah pada wanita berusia paruh baya. Berdasarkan survei terhadap 1.000 wanita yang dilakukan di Amerika Serikat, 50 persen wanita usia 30 - 50 tahun juga mengalami libido rendah. Gairah seks yang menurun bisa disebabkan karena beberapa faktor. Bisa karena kondisi medis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, atau gangguan mental misalnya depresi dan kurang bahagia dalam pernikahan. Penggunaan obat tertentu juga berpotensi menjadi 'pembunuh' libido, misalnya antidepresan dan pil kontrasepsi.

Baca juga: Tips Mempercepat Seks Oral Tanpa Mengurangi Kenikmatan Suami

3. Miss V Sakit Saat Bercinta
Menurut hasil studi yang dipublikasikan di Journal of Sexual Medicine, 30 persen wanita dilaporkan merasakan sakit saat bercinta. Sakit ketika penetrasi seks bisa disebabkan karena kekeringan pada Miss V. bisa juga akibat masalah kesehatan seperti kista atau endometriosis dan vaginismus; kondisi di mana vagina menyempit/mengencang dengan sendirinya saat penetrasi seks.

4. Sulit Mendapat Rangsangan Seks
Tak juga terangsang setelah diberikan stimulasi seks juga menjadi gejala disfungsi seksual pada wanita. Penyebabnya bisa bermacam-macam dan umumnya karena masalah psikologis seperti cemas, tidak percaya diri atau trauma masa lalu. Perubahan hormon juga bisa mengakibatkan wanita butuh waktu lama untuk merasakan rangsangan seks.

Baca juga: Ini Alasan Bercinta Tetap Penting Dilakukan Saat Wanita Hamil (hst/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177