Jumat, 02/12/2016 11:24 WIB

Disamakan dengan Bungkus Nasi, Tas Hermes Keluaran 6 Tahun Lalu Populer Lagi

Hestianingsih - wolipop
Disamakan dengan Bungkus Nasi, Tas Hermes Keluaran 6 Tahun Lalu Populer Lagi Foto: Twitter
Jakarta - Bagaimana perasaan seorang desainer ketika karyanya disamakan dengan nasi berbungkus daun? Baru-baru ini, muncul meme yang membandingkan tas Hermes berharga jutaan rupiah dengan bungkus nasi dari daun pisang. Meme yang viral di social media ini pun menarik perhatian berbagai media untuk membahasnya.

Situs asal Malaysia, World Of Buzz, menulis artikel dengan judul "Nasi Lemak Bungkus Becomes Fashionable Handbag In Hermes' Collection". Begitu diberitakan, tas tersebut jadi populer di kalangan netizen.
Foto: Twitter

Tas ini sebenarnya bukan koleksi terbaru Hermes. Jean-Paul Gaultier lah yang merancang dan menampilkannya di fashion show untuk koleksi musim semi sekitar enam tahun lalu. Seperti dikutip dari Mashable, Jean sendiri mengaku tas berbentuk lipatan daun pisang itu terinspirasi dari nuansa tropis di Meksiko dan budaya kuno suku Inca.
Disamakan dengan Bungkus Nasi, Tas Hermes Keluaran 6 Tahun Lalu Populer LagiFoto: Twitter

Clutch yang dibawakan oleh model Karlie Kloss itu merupakan koleksi couture dari brand fashion asal Prancis tersebut dan menjadi karya terakhir Jean sebelum mengundurkan diri setelah tujuh tahun menjadi creative director Hermes. Konon, tas berbentuk daun ini juga terinspirasi dari film "Avatar".

Di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand juga Indonesia, daun pisang memang biasa dijadikan pembungkus atau alas makanan. Malaysia misalnya, menggunakan daun pisang untuk membungkus Nasi Lemak, makanan tradisional berupa nasi berbumbu kelapa dengan topping ayam, telur, kacang tanah, ikan asin dan sambal.
Foto: Twitter

Sedangkan di Thailand, daun berwarna hijau ini digunakan untuk menyajikan dessert Mango Sticky Rice atau nasi ketan dengan potongan buah mangga dan saus santan. Sementara di Indonesia sendiri daun pisang banyak digunakan untuk membungkus berbagai macam kuliner mulai dari Nasi Uduk, Getuk, Nasi Bogana, Nasi Bakar, dan sebagainya.

Kini meme yang menyandingkan foto tas Hermes dengan nasi bungkus daun pisang pun banyak beredar di social media, khususnya Twitter dan Facebook. Rata-rata foto meme di-posting oleh masyarakat di Asia Tenggara, yang negara-negaranya memang banyak memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus makanan.

Saksikan video 20detik di sini:

(hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com