Jumat, 11/11/2016 17:04 WIB

Serba-serbi Tas Preloved

5 Kondisi Tas Branded Bekas yang Laku Dijual Kembali

Intan Kemala Sari - wolipop
5 Kondisi Tas Branded Bekas yang Laku Dijual Kembali Foto: Intan Kemala Sari/Wolipop
Jakarta - Pasar tas branded preloved atau bekas kini cukup menjanjikan sebagai ladang bisnis. Meskipun pernah dipakai orang lain alias dari tangan kedua, nyatanya tas dengan merek ternama seperti Chanel, Prada atau Hermes cukup banyak diminati kalangan wanita.

Tak jarang wanita yang menjual tasnya dengan berbagai alasan. Ada yang ingin membeli tas baru, sudah bosan dipakai tapi kondisinya masih bagus atau bahkan karena tidak pernah dipakai. Jika Anda memiliki koleksi tas branded dan ingin menjualnya, ada lima kriteria yang memungkinkan tas-tas tersebut cepat diinginkan pembeli. Seperti apa?

1. Layak Pakai
Biasanya, tas yang bisa dijual kembali adalah yang kondisinya 80 persen sampai 90 persen masih layak untuk dipakai. Dikatakan oleh Karen Widjaja, pemilik butik preloved branded bag, Second Chance Bag, sebelum Anda berencana untuk menjual koleksi tas, posisikan diri Anda seperti layaknya seorang pembeli.

"Tas second seperti apa yang akan dicari? Tentunya nggak mau yang kondisinya kurang bagus kan?," kata ibu dua anak ini saat ditemui di butiknya di Wisma Sakura, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2016).

2. Model Tas
Selain kondisinya yang masih layak pakai, model tas juga sangat berpengaruh terhadap penjualan tas branded bekas. Untuk beberapa merek tas seperti Chanel atau Hermes, para pemburu tas tersebut biasanya mencari model tas yang klasik dan tidak termakan zaman.

3. Tidak Ada Sayatan atau Robek
Bentuk fisik tas juga harus diperhatikan. Tidak hanya asal bermerek dan memiliki nilai jual tinggi, namun sebaiknya tas tidak ada sayatan atau robek. Bila ada tas dengan kondisi seperti ini, wanita yang sudah berbisnis tas preloved sejak 1996 itu mengatakan tidak menerimanya karena tidak bisa dijual kembali.

4. Kebersihan
Kebersihan tas juga menjadi penentu apakah tas tersebut bisa dijual kembali. Kebanyakan calon pembeli tidak menyukai tas yang memiliki noda atau kotor di bagian dalamnya karena akan mengurangi harga jual.

5. Kelengkapan
Sebuah tas branded keluaran merek ternama memiliki kelengkapan berupa sertifikat, nomor seri, dust bag, hingga tanda terima pembeliannya. Hal inilah yang membuat tas branded yang akan dijual kembali memiliki nilai jual tinggi.

"Makanya saya sekarang kalau ada tamu yang mau jual barang, selalu tanya ada receiptnya nggak? Kalau ada mohon disertakan. Kelengkapan tas itu penting," tutup wanita yang berbisnis preloved branded bag sejak 1996 itu. (itn/itn)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com