Senin, 07/11/2016 19:44 WIB

Ini Ciri-ciri Teman Kencan yang Mengerikan, Berdasarkan Penelitian

Alissa Safiera - wolipop
Ini Ciri-ciri Teman Kencan yang Mengerikan, Berdasarkan Penelitian Foto: Thinkstock
Jakarta - Jika seorang teman kencan bertindak mengerikan, seperti posesif atau tiba-tiba ada di depan pagar rumah tanpa memberitahu lebih dulu, Anda akan sadar jika ia tak layak dijadikan pasangan. Namun kadang cinta membutakan, dan sikapnya yang mengganggu itu jadi terlihat wajar walau di dalam hati, Anda tahu itu tidak benar.

Jika masih bingung apa tanda-tandanya, penelitian ini akan membantu Anda menjawabnya. Sebuah studi baru dirilis oleh New Ideas in Psychology, untuk melihat sikap aneh seorang teman kencan.

Penelitian dilakukan secara online dengan sampel 1.341 orang. Para responden disurvei tentang apa yang menurut mereka tergolong 'mengerikan' dari seorang teman kencan.

Berikut hasilnya:

1. Pria lebih banyak dilabeli 'mengerikan' dibandingkan wanita
2. Wanita menilai sesuatu yang berbau seksual sebagai ancaman yang mengerikan
3. Bertindak tak biasa dihubungkan dengan perilaku mengerikan
4. Beberapa hobi dan pekerjaan membuat seseorang terlihat mengerikan

Pekerjaan yang dibahas di poin keempat adalah badut, taxidermist (ahli mengisi kulit binatang), pemilik toko alat-alat seks, dan juga mereka yang bekerja di pemakaman. Ada pula sejumlah kebiasaan teman kencan yang dinilai mengerikan:

1. Tidak melihat mata saat berbicara
2. Minta foto bersama di awal pertemuan
3. Mengamati orang sebelum berbicara dengannya
4. Menanyakan segala detail tentang kehidupan personal
5. Menampilkan terlalu banyak atau terlalu sedikit emosi
6. Mengarahkan percakapan kepada hal berbau seks

Ada alasan kenapa kita bisa takut dengan beberapa perilaku orang lain, sementara yang lain mungkin menganggapnya biasa saja. Para peneliti mengatakan itu adalah adaptasi respons emosional atas ketidakpastian tentang keberadaan ancaman yang memungkinkan kita untuk lebih waspada ketika sesuatu atau seseorang tampak berbeda.

Singkatnya, jika Anda bertemu pria yang bicara tentang hal-hal mesum di awal pertemuan, itu artinya Anda perlu waspada. Lalu, apa versi teman kencan mengerikan menurut Anda? (als/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177