Minggu, 06/11/2016 15:15 WIB

Beragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Kiki Oktaviani - wolipop
Beragam Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan Foto: iStock
Jakarta - Minyak zaitun tidak hanya bermanfaat untuk memasak saja. Sejak zaman nenek moyang dulu, minyak yang berasal dari pohon zaitun itu memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut. Meski tanpa proses di laboratorium, minyak alami ini aman untuk langsung dipakaikan di kulit wajah, tubuh ataupun rambut.

Minyak zaitun efektif untuk membersihkan makeup jenis waterproof yang sulit untuk dibersihkan. Minyak ini pun sangat baik sebagai pembersih wajah pemilik kulit berminyak. Dermatologist Julie Russak, M.D., menjelaskan bahwa minyak seharusnya memang 'dilawan' dengan minyak.

"Minyak zaitun mengikat produk lain yang juga berbasis minyak, jadi bisa menjadi pembersih makeup yang bagus," ujar dokter kulit berbasis di New York, Amerika Serikat, ini seperti dikutip dari Women's Health.

Cara tersebut pun telah dibuktikan oleh Chloe Grace Moretz, kekasih Brooklyn Beckham. Wajah mulusnya saat ini didapatnya berkat minyak zaitun. Ia mengaku dulu memiliki cukup banyak jerawat, tapi setelah rajin membersihkan wajah dengan minyak zaitun maka wajahnya kini bebas dari jerawat.

"Minyak akan menerima minyak, jadi itu sebenarnya akan membersihkan minyak-minyak kotor dari pori-pori kamu terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan pembersih," ungkap bintang film 'Kick-Ass' ini.

Selain untuk memasak, minyak zaitun telah lama dikenal sebagai perawatan alami bagi kulit. Minyak yang berasal dari bahan nabati ini umumnya digunakan sebagai pelembap kulit hingga melembutkan serta menguatkan kulit sekitar kuku.

Minyak zaitun juga berguna untuk perawatan rambut pecah-pecah. Hal tersebut dipercaya oleh berbagai hairstylist. Perawatan dengan minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi indah dan berkilau.

"Setelah fashion week, banyak model yang rambutnya jadi kering dan rusak karena penggunaan alat styling panas. Saran terbaikku adalah menggunakan perawatan minyak alami lalu bungkus rambut dengan handuk panas. Diamkan selama satu jam," ujar hairstylist Ale Bonilla dalam fashion show Christian Siriano.

Perawatan kulit lainnya yang bisa menggunakan minyak zaitun adalah perawatan bibir. Kondisi cuaca, belum lagi seringnya menggunakan lipstik matte seringkali membuat bibir menjadi super kering dan pecah-pecah. Minyak zaitun bekerja menanganinya.

Caranya dengan mencampur madu dan minyak zaitun. Lalu oleskan pada bibir dan diamkan semalaman. Tak hanya dapat mengatasi bibir kering, campuran bahan tersebut juga dapat mencerahkan bibir.

(kik/kik)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177