Rabu, 26/10/2016 08:29 WIB

Jakarta Fashion Week 2017

Patrick Owen Tampilkan Busana Cheongsam Edgy Terinspirasi dari Sang Bunda

Rahmi Anjani - wolipop
Patrick Owen Tampilkan Busana Cheongsam Edgy Terinspirasi dari Sang Bunda Foto: Mohammad Abduh
Jakarta - Penerapan unsur tradisional ke dalam koleksi busana modern cukup banyak dilakukan desainer Tanah Air. Kali ini giliran perancang muda Patrick Owen yang mengangkat Peranakan China. Koleksi busana Patrick yang dikenal edgy pun hadir dengan detail-detail oriental, seperti kerah atau kancing cheongsam.

Ketika ditemui saat konferensi pers, Patrick mengaku koleksi Spring/Summer 2017 ini sangat personal karena terinspirasi oleh sosok ibundanya. Ia mengaplikasikan printing terinspirasi shio China yakni ular dan monyet untuk merepresentasikan tahun kelahiran Patrick dan sang ibu. Sebanyak 29 tampilan yang dihadirkan, 24 datang dari koleksi ready to wear tersebut.

"Showcase kami kali ini untuk Spring/Summer 2007 total 29 look, 24 dari ready to wear, lima lain terinspirasi Dulux Color of The Year, Denim Drift. Kami berkolaborasi dengan seniman Indonesia untuk printing-nya. Kali ini mayoritas ready to wear untuk wanita dan beberapa unisex. Akan edgy dan interesting," kata Patrick di Fashion Atrium Senayan City, Jakarta Selatan, Selasa (26/10/2016).
Foto: Mohammad Abduh

Meski mengadopsi beberapa teknik busana khas Tiongkok, tentu busana Patrick tetap edgy. Di sekuen awal, ia menampilkan nuansa monokrom. Atasan berpotongan boxy yang dihadirkan dengan kerah atau kancing cheongsam serta penerapan korset mendominasi. Sedangkan celananya diberi aksen digulung namun berstruktur. Anyaman wool juga banyak dijadikan atasan atau outerwear, umumnya digunakan dengan cara dilipat.

Printing yang berkolaborasi dengan beberapa seniman Indonesia juga terlihat dalam sejumlah busana. Biasanya dihadirkan sebagai aksen atau sesekali motif. Gambar floral, monyet, ular, hingga naga mempermanis busana Patrick yang kadang terlihat maskulin. Di ujung sekuen, muncul dress transparan hitam dengan motif floral di beberapa bagian.
Foto: Mohammad Abduh

Nuansa gloomy yang tercipta pada presentasi koleksi ready to wear berganti menjadi lebih ceria sekuen kedua. Tidak lagi menggunakan warna hitam-putih, kini palet Denim Drift lebih mendominasi.

Pada sekuen ini, busana Patrick tampak lebih eksperimental. Misalnya sebuah tampilan yang menghadirkan long dress hitam di satu sisi dan dress putih bercorak biru di sisi lain. Dress tersebut dipakaikan korset sehingga menambah daya tarik. Patrick yang banyak memakai material kashmir dan sutera ini juga menampilkan gaun berkerah tinggi yang dilapisi tulle dan korset hitam di akhir peragaan. (ami/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com