Senin, 10/10/2016 15:21 WIB

Tantangan Oscar Lawalata Desain Busana untuk 100 Seniman Indonesia

Daniel Ngantung - wolipop
Tantangan Oscar Lawalata Desain Busana untuk 100 Seniman Indonesia Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Desainer papan atas Tanah Air Oscar Lawalata mendapat kesempatan untuk mendesain busana bagi 100 pekerja seni Indonesia dalam rangka ulang tahun ke-3 Galeri Indonesia Kaya. Bagi Oscar, ada tantangan tersendiri dalam proses kreatifnya.

Karya Oscar yang terbuat dari kain-kain tradisional itu membaluti tubuh para seniman untuk pemotretan bertajuk 'I Am Indonesian'. Foto bernuansa hitam-putih hasil jepretan fotografer Glenn Prasetya itu dipamerkan di Lobby Shinta dan Lantai 3 East Mall Grand Indonesia, Jakarta, 10-23 Oktober 2016.

Diungkapkan Oscar, mendesain busana untuk 100 seniman dari berbagai disiplin seni memiliki tantangan yang berbeda dari menyiapkan koleksi untuk sebuah fashion show.

"Karena yang saya desain adalah busana untuk pribadi, khususnya seorang seniman. Bagaimana saya bisa memunculkan karakteristik dan kepribadian mereka. Lalu usia dan bentuk tubuh mereka juga diperhatikan," terang Oscar saat jumpa pers di Grand Indonesia, Senin (10/10/2016) siang.

Di samping itu, Oscar juga memerhatikan aspek keseimbangan antar busana agar enak dipandang dalam satu frame foto.

Semakin menantang lagi saat Oscar harus membuatkan busana untuk seniman yang belum pernah ditemuinya secara langsung. "Jadi banyak imajinasi yang bermain di sini," ujar pria kelahiran Riau, 36 tahun lalu itu. Belum lagi waktu yang diberikan terbilang singkat, yakni dua bulan.

Kali ini, ia mengeksplor kain-kain batik dan tenun ATBM (asli tenun bukan mesin) serba putih sebagai bahan dasarnya. Kain tersebut datang dari berbagai daerah seperti Garut untuk tenun, lalu kain linen dari Bali. Sementara untuk batik, Oscar mengambilnya dari Yogyakarta dan Solo.

Ia menambahkan, meski sepintas terlihat serba putih, jika dilihat lebih dekat, busana rancangannya sarat akan detail. Seperti sulaman, patchwork, dan elemen bebatuan yang semuanya dibuat secara handmade.

Tantangan Oscar Lawalata Desain Busana untuk 100 Seniman Indonesia

Siluetnya pun beragam. Oscar mengeksplor berbagai siluet busana Nusantara yang diolahnya dalam potongan modern, di antaranya baju bodo khas Makassar, sarung, dan celana galembong dari Minang.

Kakak dari aktor Mario Lawalata itu berharap keterlibatannya dalam perayaan ulang tahun ke-3 GIK kali ini dapat ikut menumbuhkan semangat cinta budaya Indonesia. Adapun 'I Am Indonesian' merupakan gerakan yang dipelopori Oscar sejak dua tahun belakangan. Merupakan gerakan sosial dan budaya, 'I Am Indonesian' mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai budaya Indonesia.

"Persembahan ini berawal dari obrolan kami dengan Oscar. Kebetulan Oscar punya gerakan 'I Am Indonesia' yang semangatnya sama dengan GIK dalam melestarikan budaya Indonesia. Jadi kenapa tidak kita bersinergi saja untuk merayakan ulang tahun GIK," ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation, yang menaungi GIK.

Oscar pun diminta untuk sekaligus mendesain busana bagi 100 seniman yang tampil dalam pemotretan bersama dan individual tersebut. Para seniman tersebut di antaranya Julie Estelle, Addie MS, Maudy Koesnaedi, Denny Wirawan, Chelsea Islan, Titi DJ, Trio Lestari, Titiek Puspa, dan Joko Anwar. Mereka mewakili 300 pekerja seni yang pernah memamerkan karyanya di GIK. (dng/dng)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com