Selasa, 20/09/2016 17:00 WIB

Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami

Rahmi Anjani - wolipop
Cara Mengatasi Jerawat dengan Bahan Alami Foto: Thinkstock
Jakarta - Dahulu jerawat dikenal sebagai masalah kulit yang menyerang remaja. Namun saat ini problema tersebut juga masih dihadapi oleh orang-orang dewasa. Pada wanita, jerawat di usia matang memang kerap disebabkan karena hormon sehingga sering muncul setiap bulannya. Untuk itu, para peneliti melakukan riset untuk mengetahui solusinya. Hasilnya bahan alami ini lah yang terbukti kurangi jerawat di usia dewasa.

Adalah teh hijau yang diketahui memang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata minuman tersebut juga bisa digunakan untuk mengusir jerawat. Hal itu ditemukan dari penelitian yang dilakukan Dr Po-Hsuan Lu dan Chung-Hua Hsu asal Taiwan. Menurut hasil studi mereka, wanita yang diberi teh hijau tanpa kafein tampak mengalami penurunan jumlah jerawat di beberapa area wajah.

Po-Hsuan Lu dan Chung-Hua Hsu melakukan riset pada 80 wanita dengan keadaan jerawat parah. Sebagian dari mereka yang berusia 25 sampai 45 tahun tersebut diberi kapsul ekstrak teh hijau tanpa kafein sebanyak 500mg tiga kali sehari selama empat minggu.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi teh hijau mengalami pengurangan jerawat. Bahan alami itu terbukti mengurangi jerawat di bagian hidung, sekitar mulut, dan dagu dari pada yang tidak.

"Epigallocatechin-3-gallate (EGGG), polyphenol utama dalam teh hijau punya anti-karsinogenic (penyebab kanker), anti-inflamasi, dan ani-mikroba. Observasi ini membawa kami pada hipotesis bahwa EGGG bisa bermanfaat bagi wanita dengan jerawat setelah remaja," kata peneliti.

Meski bisa membantu mengurangi timbulnya jerawat di usia dewasa, sayangnya tidak ditemukan khasiat yang signifikan setelah pengonsumsian ekstrak teh hijau dalam penelitian itu. Riset pun membuktikan jika produk perawatan dengan kandungan teh hijau bisa dipertimbangkan untuk mengatasi masalah kulit itu. Anda pun bisa mengonsumsinya di keseharian untuk membantu mengurangi jerawat dan membuat tubuh rileks. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177