Senin, 29/08/2016 11:38 WIB

Foto: Garuda Hingga Barong, 10 Kostum Terunik Jember Fashion Carnaval 2016

Daniel Ngantung - wolipop
Foto: Garuda Hingga Barong, 10 Kostum Terunik Jember Fashion Carnaval 2016 Foto: Daniel Ngantung/Wolipop
Jakarta - Berakhir sudah rangkaian Jember Fashion Carnaval (JFC) 2016, Minggu (28/8/2016). Grand Carnaval pun menjadi penutup manis di ajang yang telah mendapatkan pengakuan secara internasional ini.

Di tahun ke-15, JFC yang kali ini bertema 'Revival' yang bermakna kebangkitan sekali lagi sukses memukau penonton dengan kostum-kostumnya yang unik dan spektakuler. Tidak tanggung-tanggung, 2.000 kostum dalam 10 subtema berbeda hadir pada hajatan ini. Seperti apa keunikannya?

1. Garuda


Defile Garuda mengawali parade di Grand Carnaval. Mereka muncul dalam kostum-kostum emas lengkap dengan sayap-sayap megar yang mencitrakan keagungan burung garuda sebagai lambang negara. Turut tampil pada defile ini, Dynand Fariz, presiden sekaligus penggagas JFC.

2. Woods


Kondisi hutan Indonesia yang malang akibat ulah manusia berhasil tergambarkan di defile Woods. Tampil deretan kostum-kostum yang memperlihatkan kondisi pepohohan saat terbakar lalu bersemi kembali. Warna merah serta jingga yang mewakili api dan hijau untuk dedaunan mendominasi defile ini. Woods mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia sebagai paru-paru dunia.

3. Chandelier



Giliran kostum berkonsep lampu gantung kristal dalam tema Chandelier yang tampil. Butiran-butiran kristal dan bahan sequin yang berkilauan muncul di hampir setiap kostum. Adapun tema Chandelier mewakili kebangkitan Indonesia menuju era keterbukaan dan transparasi informasi.

4. Refugees


Tragedi kemanusiaan meninggalkan banyak korban. Tema Refugees, diperagakan oleh murid-murid dan staf pengajar sekolah mode ESMOD Jakarta, hadir untuk menumbuhkan rasa kepedulian umat manusia untuk menolong sesama. Tampil Patrice Desille, Academic Program Manager, ESMOD Jakarta, yang bertransformasi menjadi seorang wanita dalam balutan ball gown putih dengan riasan wajah a la joker dan rambut ala punk.

5. Paradisaea


Tema ini mengangkat kecantikan burung Cendrawasih sebagai salah satu spesies khas Indonesia. Para peserta tampil dengan kostum yang didominasi warna kuning dan putih lengkap dengan sayap yang tingginya menjulang hingga empat meter lebih. Tidak cukup di sayap, ada juga peserta yang memakai sepatu berhak setinggi 30 cm.

6. Oceans


Keindahan bahari Indonesia menjadi tema besar pada defile ini. Tidak hanya kostum bertema biota laut, keindahan bahari juga disajikan lewat kostum-kostum yang bentuknya seperti kapal layar.

7. Asian Games


Jakarta dan Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18 pada 2018 mendatang. JFC pun ingin ikut menyukseskannya dengan menampilkan kostum-kostum unik bertema olahraga, dari bulu tangkis hingga anggar.

8. Hortus


Indonesia sebagai negara agraris menyimpan potensi kekayaan alam yang luar biasa. Hortus menampilkan kostum bertemakan produk-produk unggulan hortikultura, dari buah-buahan hingga sayur-mayur.

9. Technocyber


Akrabnya generasi muda Indonesia dengan perkembangan teknologi informasi menjadi tema besar defile ini. Maka desain-desain bergaya futuritisk, seperti robot, menjadi begitu dominan.

10. Barong


Sebagai pamungkas, tampil kostum-kostum eksotis nan megah bertema Baraong Bali, tarian khas Pulau Dewata yang telah mendunia. Penampilannya sendiri adalah representasi dari semangat dari kebangkitan seni budaya Indonesia. (dtg/eny)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com