Selasa, 19/07/2016 19:42 WIB

Saran Pakar Cinta Untuk Mengatasi Kecemburuan yang Berlebihan

Kiki Oktaviani - wolipop
Saran Pakar Cinta Untuk Mengatasi Kecemburuan yang Berlebihan Foto: Thinkstock
Jakarta - "Cemburu memiliki tipikal tidak percaya dan mudah gelisah terhadap pasangan. Meski begitu, cemburu dengan kadar yang sedikit bisa jadi hal yang baik," begitu menurut James Michael Sama, seorang ahli percintaan asal Amerika.

Cemburu yang sedikit memang menjadi bumbu dalam hubungan. Itu tanda perhatian dan sikap takut kehilangan kekasih. Tapi terkadang, cemburu menjadi berlebihan dan tidak rasional. Saat itulah hubungan bisa menjadi tidak sehat.

Dipaparkan James kepada Bravo TV, cemburu berlebihan ditandai dengan kerap mengecek ponsel, 'masuk' tanpa izin ke media sosial pasangan dan mencurigainya terlalu berlebihan. Sikap tersebut bisa berakhir pada berakhirnya hubungan karena tidak ada orang yang senang jika selalu dicurigai dan mendapatkan perlakuan posesif. Inilah saran untuk atasi cemburu yang berlebihan.

1. Belajar Mempercayai Pasangan
Kepercayaan adalah sikap yang bisa Anda lakukan. Mulailah belajar mempercayainya dan redam rasa cemburu berlebihan tersebut. Caranya adalah dengan belajar untuk bahagia. Hubungan pasti lebih bahagia tanpa memendam rasa cemburu dan terlalu takut kehilangan pasangan.

2. Tidak Tergantung dengan Pasangan
Orang yang cemburuan dan posesif cenderung selalu merasa tergantung pada pasangannya, sehingga tidak bisa jauh-jauh dari pasangan. Coba beri waktu luang untuk diri Anda sendiri. Ajak teman wanita Anda untuk nonton film di bioskop, belanja, makan atau pergi ke spa bersama. Dengan begitu, Anda pun sadar bahwa ada kehidupan di 'luar sana' yang lebih luas daripada dunia Anda dan pasangan. Cara ini bisa menguntungkan kedua belah pihak; Anda dan pasangan. Karena pasangan pun bisa terbebas sejenak dan bisa menikmati 'me time' nya sendiri.

3. Jangan Terlalu Cinta
Bukannya tidak boleh mencintai seseorang, tapi jika kadar cinta sudah kelewat batas maka akan terjebak cinta buta. Ketika salah satu pihak terjebak cinta buta hubungannya tentu tidak akan baik karena tidak mampu berpikir secara logis. Semua keputusan yang diambil berdasarkan rasa emosi. Untuk itu, tidak semua hal yang dilihat atau didengar hanya menggunakan perasaan, namun berpikir juga secara logis.

4. Tidak Terus-menerus Membandingkan Diri dengan Wanita Lain
Sikap cemburu biasanya datang karena kurangnya percaya diri sehingga Anda akan membandingkan diri Anda dengan wanita lain atau orang-orang yang Anda cemburui. Hal ini malah membuat Anda menggila dan terpuruk karena rendah diri. Untuk itu bangunlah kepercayaan diri Anda dengan mengembangkan kualitas diri yang Anda miliki. (kik/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com