Sabtu, 16/07/2016 11:39 WIB

Mengenal Khasiat Kunyit untuk Meredakan Sakit

Hestianingsih - wolipop
Mengenal Khasiat Kunyit untuk Meredakan Sakit Foto: Thinkstock/Oliver Hoffmann
Jakarta - Kunyit menjadi salah satu bumbu inti dalam berbagai masakan, khususnya masakan Asia. Rempah berwarna kuning ini biasa digunakan pada masakan kari hingga sup ikan. Tak hanya sebagai bumbu masakan, masyarakat India juga menggunakannya sebagai penyembuh.

Rempah dengan nama latin Curcuma longa Linn ini memiliki khasiat mempercepat penyembuhan luka. Curcumin, salah satu komponen di dalam kunyit merupakan antioksidan dengan khasiat anti-peradangan yang mujarab.

Kunyit juga telah terbukti membantu meredakan nyeri pada penderita arthritis atau radang sendi, meringankan cedera bahkan mengatasi sakit gigi. Lily Soutter, pakar nutrisi dan penurunan berat badan menjelaskan bahwa kunyit juga berpotensi mencegah kanker.

"Curcumin yang terdapat dalam kunyit telah banyak digunakan untuk merawat kondisi peradangan seperti arthritis dan juga mencegah kanker serta melindungi dari penyakit jantung," kata Lily, seperti dilansir Daily Mail.

Manfaat kesehatan lainnya dari kunyit adalah membantu proses detoksifikasi. Kunyit diyakini dapat membersihkan tubuh dari racun-racun karena meningkatkan fungsi liver.

"Kunyit menstimulasi produksi empedu yang digunakan oleh liver untuk menyaring dan mengeluarkan racun," nutritionist Cassandra Barns.

Selain dimasukkan dalam masakan, kunyit juga bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jamu, dicampurkan ke dalam susu hangat atau dijadikan minuman segar dengan tambahan bahan-bahan lainnya. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177