Kamis, 14/07/2016 09:42 WIB

Intimate Interview

Omzet Miliaran Rupiah per Bulan, Ini Strategi Bisnis Hijabers Muda Medina Zein

Arina Yulistara - wolipop
Omzet Miliaran Rupiah per Bulan, Ini Strategi Bisnis Hijabers Muda Medina Zein Foto: Medina Zein
Jakarta - Medina Susani Daivina Zein menjadi salah satu hijabers muda yang sukses membangun bisnis kecantikan. Bagaimana tidak, ia berhasil meraup omzet miliaran rupiah setiap bulan di usia 24 tahun. Untuk meraih semua impiannya yakni membangun klinik kecantikan dan membesarkan usahanya seperti sekarang tentu tidak dijalani dengan mudah, perlu beberapa strategi dalam mengembangkannya.

Dalam wawancara eksklusif dengan Wolipop, Medina pun berbagi resep sukses membangun bisnis kecantikannya. Apa saja?

Fokus
Mojang Bandung itu menuturkan kunci utama untuk bisa mewujudkan impian adalah berkomitmen dan fokus. "Aku dari awal usaha berkomitmen saja, awalnya kan hobi terus fokus untuk melakukan pekerjaan aku. Jangan sampai ada sesuatu yang buat kita mundur. Harus jalan terus apa pun yang terjadi. Banyak kejadian yang buat aku berpikir 'Sudah ah capek' tapi aku coba nggak patah semangat untuk terus dapatkan apa yang aku mau," papar Medina saat ditemui secara eksklusif oleh Wolipop di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan.

Kualitas Bagus
Dalam membangun bisnis kecantikannya, wanita lulusan Jurusan Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Budhi Luhur, Bandung itu mengatakan selalu berusaha mengedepankan kualitas. Baginya kualitas produk perawatan kulit miliknya yang diberinama 'Lazeta' nomor satu.

"Produk kecantikan itu penting kualitasnya dipertahankan jangan sampai karena bahan baku naik kita turun kualitasnya. Punya klinik juga tempatnya harus nyaman, bersih, membuat orang rileks, karena kita bergerak di bidang jasa jadi servisnya harus bagus," tambah anak pertama dari dua bersaudara itu.

Berinovasi
Inovasi juga menjadi bagian dari strategi bisnis yang dijalani oleh Medina. Menurutnya suatu usaha tanpa inovasi akan jatuh dengan cepat karena tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, tren, dan teknologi. Oleh sebab itu, ia menekankan perlu adanya inovasi sesuai dengan bidang usahanya.

"Kreatif itu penting karena sekarang banyak banget usaha yang cuma bisa ngejiplak orang tanpa memikirkan inovasi dari usahanya sendiri. Kayak sekarang bisnis kecantikan banyak banget. Kalau aku terlena dengan stuck, nggak mengembangkan produk aku, nggak berinovasi seperti tambah alat, mengembangkan treatment lainnya, menurut aku nggak akan bisa cepat naik kalau nggak ada inovasinya," tegas Medina.

Terus Upgrade Ilmu
Untuk menciptakan inovasi yang berbeda, Medina menyarankan agar terus belajar dan menambah ilmu. Belajar tidak berhenti ketika kita sukses justru pembelajaran harus semakin meningkat saat sedang naik daun agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru lainnya.

Medina pun berusaha untuk terus meningkatkan ilmunya dalam kecantikan. Tidak hanya dirinya tapi juga tim yang dimilikinya sekarang. Ibu satu anak itu juga menuturkan bahwa ia tak ragu untuk menyekolahkan dokter yang bekerja di kliniknya agar terus bisa menciptakan inovasi baru.

"Kalau sekolah kulit itu kita dapat upgrade-an ilmu, misalnya sekarang yang lagi bagus kandungannya kolagen, apa manfaatnya, lebih cari ilmu-ilmu baru," ujarnya.

Diskusi dengan Tim
Jangan merasa 'bos' lalu gengsi untuk meminta saran dengan bawahannya. Medina mengatakan, ia selalu berdiskusi tentang apa pun mengenai peningkatan produknya dengan timnya termasuk dokter hingga karyawan pabriknya. Dengan mendengarkan berbagai masukkan dari karyawan bisa membantu sekaligus memudahkan Medina mengembangkan bisnisnya.

Kuatkan Brand Image
"Brand image itu penting banget buat aku. Kalau brand-nya sudah bagus orang semakin percaya dan yakin karena sulit sekali membangun branding," tandasnya.

Untuk menguatkan brand image, Medina tak ragu mengeluarkan budget ratusan juta hingga miliaran rupiah. Dalam promosi produk ia lebih memilih untuk menggunakan buzzer seperti selebgram atau aktris. (ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com