Selasa, 28/06/2016 15:06 WIB

Tips Memilih Kacamata Hitam Sesuai Bentuk Wajah dan Warna Kulit

Hestianingsih - wolipop
Tips Memilih Kacamata Hitam Sesuai Bentuk Wajah dan Warna Kulit Foto: Getty Images
Jakarta - Kacamata hitam tidak hanya berfungsi melindungi mata dari teriknya matahari saat beraktivitas di luar ruangan, tapi juga menjadi fashion item yang menunjang penampilan.

"Jika mata adalah jendela hati, maka kacamata Anda adalah bingkai jendelanya dan harus bemanfaat sesuai fungsinya," tutur fashion stylist Grace Woodward, seperti dikutip dari Daily Mail.

Menurut Grace, kita sebaiknya memiliki satu model kacamata utama sebagai andalan untuk berpenampilan. Tapi tidak ada salahnya mempunyai sedikitnya empat model kacamata untuk investasi gaya agar tidak monoton atau membosankan.

Hadir dalam berbagai model, tidak semua kacamata hitam cocok untuk setiap bentuk wajah. Pemilihan model kacamata yang tepat akan mengaksentuasi wajah dan membuat penampilan semakin stylish. Sebaliknya, bingkai kacamata yang tak sesuai bentuk wajah akan membuat penampilan terlihat aneh.

Memilih kacamata sesuai bentuk wajah memang gampang-gampang susah. Namun Grace memberikan tips mudah untuk menentukan mana model kacamata hitam yang cocok untuk masing-masing wajah. Ada empat elemen utama yang harus diperhatikan.

1. Mulai dari Alis

Stylist yang juga presenter TV kenamaan Inggris ini menyarankan, perhatikan letak dan bentuk alis saat mencoba kacamata hitam. Jika bingkai kacamata lebih tinggi atau menutupi garis alis, maka mungkin itu bukan model terbaik untuk wajah Anda.

"Bingkai bawah seharusnya tidak menopang di pipi, bahkan ketika Anda tertawa," ujarnya.

2. Lebar Bingkai

"Perhatikan lebar bingkai - jika terlalu sempit dari lebar wajah maka akan membuat kedua mata Anda terlihat terlalu berdekatan," kata wanita yang berdomisili di London ini.

Namun jangan pula bingkai kacamata melebihi lebar wajah Anda karena bisa 'mengubah' bentuk wajah. Terutama jika bentuk wajah Anda tegas. Bingkai kacamata sebaiknya pas dengan lebar wajah, atau boleh melebihi tapi usahakan seminimal mungkin untuk menjaga tampilan wajah tetap proporsional.

3. Bentuk Wajah

Salah satu 'aturan' yang paling penting, saat membeli kacamata hitam, pilihlah model bingkai yang berkebalikan dengan bentuk wajah. Misalnya jika wajah Anda bulat, pilihlah bingkai berbentuk kotak atau persegi. Jika wajah lonjong bisa memakai bingkai kotak yang tidak terlalu besar.

4. Warna

Kacamata hitam biasanya juga hadir dalam berbagai warna bingkai; mulai dari hitam pekat, cokelat tua, cokelat muda hingga warna 'fancy' seperti biru atau merah. Memilih warna bingkai kacamata juga tak kalah penting.

"Warna cukup penting, seperti hal nya ketika Anda memilih pakaian atau perhiasan. Warna lensa harus sesuai dengan tone kulit dan warna mata," Grace menganjurkan.

Kacamata dengan warna terang atau meriah, seperti hijau tua, biru atau merah akan terlihat fantastis bagi Anda yang memiliki kulit gelap. Begitu juga dengan bingkai warna silver atau hitam. Selain cocok untuk kulit gelap, dua warna tersebut juga membuat wanita berkulit putih tampil lebih stylish.

"Cokelat muda akan terlihat sangat bagus pada orang berkulit putih yang lebih pucat, begitu pula dengan burgundy atau pink," pungkas Grace. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com