Kamis, 23/06/2016 08:11 WIB

6 Benda Bernilai Ratusan Juta Rupiah yang 'Tak Sengaja' Dibuang

Hestianingsih - wolipop
6 Benda Bernilai Ratusan Juta Rupiah yang Tak Sengaja Dibuang Foto: Thinkstock
Jakarta - Pernahkah Anda tak sengaja membuang sebuah benda ke tempat sampah dan baru menyadari beberapa waktu kemudian kalau barang tersebut ternyata berharga? Misalnya surat atau dokumen penting, kartu kredit, bahkan cincin emas? Orang-orang ini, pernah melakukan kesalah fatal yang membuat mereka menyesal dan merugi.

Berdasarkan data dari LitterBins, ada sejumlah barang yang dibuang orang, yang ternyata memiliki nilai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Ini beberapa daftarnya, seperti dikutip dari Mirror.

1. Buku Edisi Pertama Harry Potter
Foto: Getty Images

Nigel Reynolds menjadi jurnalis pertama yang pernah mewawancarai penulis JK Rowling. Sebagai ungkapan terima kasih, ia menerima buku edisi pertama dari seri pertama 'Harry Potter and The Philosopher's Stone' dari Rowling. Nigel tak pernah mengira bahwa buku tersebut akan terkenal di seluruh dunia, bahkan menganggap bukunya akan gagal di pasaran. Tanpa ragu, dia membuangkan ke tempat sampah. Sekarang cetakan edisi pertama itu jadi barang langka dan bernilai hingga 50.000 poundsterling atau setara Rp 975 juta.

2. Kantong Plastik Isi Uang
Foto: Thinkstock

Seorang nenek dari West Sussex, Inggris, secara tidak sengaja membuang kantong plastik berisi tabungan pensiunnya senilai 12.000 poundsterling atau sekitar Rp 233 juta. Putri sang nenek sudah berusaha menghubungi manajer di tempat pembuangan akhir dengan harapan uangnya bisa kembali. Sayangnya, uang tersebut telah terkubur bersama ribuan ton sampah lainnya.

3. Berlian
Foto: Thinkstock

Seorang staf di toko perhiasan tak sengaja membuang berlian ke dalam tempat sampah. Berapa nilai berlian-berlian itu? Tak kurang dari USD 5 juta atau setara Rp 66 miliar! Seorang petugas keamanan cukup beruntung menemukan benda berharga itu. Tapi ketika akan menjualnya ke pasar gelap, ia tertangkap.

4. Perhiasan Emas

Pria asal Canoundra, Amerika Serikat ini memberikan kejutan yang tak akan terlupakan bagi istrinya di ulang tahun perkawinan mereka yang ke-23. Bukannya memberi hadiah, tapi ia justru menghilangkan barang berharga sang istri. Pria yang diketahui --menyebut dirinya-- hanya dengan nama Geoffrey ini tak sengaja membuang koleksi perhiasan emas istrinya yang bernilai USD 50 ribu atau sekitar Rp 663 juta.

5. Apple 1
Foto: Getty Images

Generasi pertama Macbook, yakni komputer ciptaan pertama Steve Jobs pada 1976 yang diberi nama 'Apple 1' ditemukan di pusat daur ulang di California, Amerika Serikat. Komputer tersebut terjual di pelelangan seharga USD 200 ribu atau sekitar Rp 2,6 miliar. Manajer dari tempat pelelangan itu cukup jujur dan berbaik hati, ia pun mencoba mencari wanita yang membawa komputer tersebut agar mereka bisa membagi hasil dari pelelangan.

6. Karya Seni
Foto: Gawker

Penilaian sebuah karya seni bisa sangat subjektif. Sebuah karya bisa dianggap sangat bagus oleh sebagian orang, tapi belum tentu bagi yang lainnya. Seperti yang terjadi pada karya seniman ternama asal Amerika Serikat, Paul Branca. Seorang petugas kebersihan di galeri seni di Italia, membuang benda seni modern yang disebut-sebut sebagai karya masterpiece Paul. Menyerupai dua tong sampah, 'instalasi' tersebut seharusnya dipamerkan untuk mendorong kalangan muda agar lebih peduli lingkungan. Karya Paul yang dibuang tersebut bernilai USD 15 ribu atau sekitar Rp 199 juta. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177