Rabu, 25/05/2016 16:32 WIB

Bisa Jadi Vlogger Walau Hanya Punya Smartphone, Ini Tipsnya

Arina Yulistara - wolipop
Bisa Jadi Vlogger Walau Hanya Punya Smartphone, Ini Tipsnya Foto: Cheryl Raissa
Jakarta - Mengunggah video ke YouTube kini tidak lagi dimanfaatkan hanya untuk iseng atau sharing belaka tapi juga meraup keuntungan. Beberapa wanita bahkan sudah memiliki penghasilan sendiri setelah berhasil populer di YouTube. Seperti Linda Kayhz dan Cheryl Raissa yang saat ini telah dikenal sebagai vlogger.

Menurut Linda, menjadi vlogger memiliki banyak keuntungan. Selain memperluas lingkup pertemanan, menjadi vlogger juga menguntungkan secara materi. Tak hanya penghasilan dari iklan di YouTube tapi juga berbagai tawaran lain seperti kerjasama dengan brand-brand produk kecantikan serta hijab. Oleh sebab itu, kedua vlogger tersebut mengajak para hijabers khususnya 15 finalis Sunsilk Hijab Hunt 2016.

Ketika berbincang di talkshow yang digelar oleh Sunsilk, Linda dan Cheryl berbagi tips dengan para finalis ajang pencarian muslimah berbakat yang memasuki tahun kelimanya itu. Mereka mengatakan, untuk mulai mencoba menjadi vlogger jangan khawatir karena tidak memiliki kamera canggih. Pakai kamera saku pun bisa asalkan niat. Bahkan kamera dari smartphone juga bisa dimanfaatkan untuk membuat video. Bagaimana caranya? Berikut tips membuat video menggunakan smartphone dari dua vlogger populer itu.

1. Pakai Kamera Belakang
Ketika membuat video menggunakan smartphone sebaiknya tidak menggunakan kamera depan tapi pakai kamera belakang. Kamera depan memiliki kualitas yang kurang bagus dibanding belakang. Letakkan di atas meja atau penyanggah yang tinggi dan pastikan kamera tidak goyang ketika sedang merekam.

2. Dekat Jendela
Untuk mendapatkan pencahayaan yang bagus, Linda menyarankan agar praktek membuat video di dekat jendela. Namun jangan langsung terkena matahari tapi bagaimana memanfaatkan cahayanya agar kualitas video terlihat bagus. Perhatikan pencahayaannya agar tidak berlebihan.

3. Manfaatkan Gorden
Salah satu trik Linda dalam memanfaatkan matahari sebagai pencahayaan dengan menggunakan gorden. "Bisa diakali dengan buka-tutup gorden, dilebarin, dikecilin, manfaatkan gorden rumah atau kamar," saran ibu tiga anak itu.

4. Tambahkan Cermin
Cermin sangat berguna ketika Anda membuat video menggunakan smartphone atau kamera saku. Posisikan cermin di belakang kamera sedikit ke samping agar Anda bisa melihat wajah sendiri. Untuk peletakkan cermin bebas saja asalkan Anda nyaman saat proses pembuatan video.

5. Suara
Untuk suara dalam video terkadang kurang jelas ketika menggunakan smartphone. Anda bisa merekamnya menggunakan handphone lain yang nanti digabungkan ketika proses pengeditan. Namun bila tetap ingin merekamnya menjadi satu pastikan tidak ada suara berisik dari luar.

"Saran aku untuk awal-awal voice over saja paling sederhana pakai handphone tapi kita tetap harus belajar bagaimana cara memindahkan suara ke videonya, soalnya kalau voice over bisa diulang-ulang suaranya," saran Linda.

6. Diedit di Laptop
Merekam video menggunakan smartphone memang bisa tapi tidak disarankan memakai aplikasi handphone untuk mengeditnya. Untuk mendapatkan hasil edit yang maksimal tetap pindahkan ke laptop. Cheryl menyarankan beberapa aplikasi edit video yang mudah digunakan untuk pemula seperti Movie Maker, Adobe Premier, iMovie, atau Vegas Pro.

(ays/ays)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Photo Gallery

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com