Selasa, 17/05/2016 16:17 WIB

7 Hal Penting Bagi Beauty Vlogger untuk Membuat Video Tutorial Lebih Menarik

Rahmi Anjani - wolipop
7 Hal Penting Bagi Beauty Vlogger untuk Membuat Video Tutorial Lebih Menarik Foto: thinkstock
Jakarta - Tutorial kecantikan dari para beauty vlogger menjadi salah satu video yang paling dicari dan diminati para wanita. Di YouTube, konten tersebut sedang sangat berkembang dan naik 130 persen sejak tahun 2014. Terinspirasi para vlogger serta timbul keinginan untuk berbagi inspirasi mendorong banyak wanita untuk ikut aktif membuat video tutorial.

Namun tak sedikit dari mereka yang ragu memulainya karena tidak punya pengalaman dan keahlian syuting. Membuat video tutorial sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Ini enam hal yang perlu diperhatikan untuk menghasilkan video yang menarik dan berkualitas, dipaparkan oleh makeup artist sekaligus vlogger Minyo.

1. Lighting
Salah satu hal yang penting dalam membuat video adalah lighting. Untuk tutorial, pemilik akun YouTube Minyo33 tersebut menyarankan agar memakai rim lighting yang bentuknya bulat. Rim dapat membuat pencahayaan tampak merata di wajah. Bagaimana jika tidak punya?

"Kalau belum punya, sesimpel dekat saja ke jendela. Tapi jangan terlalu dekat karena nanti gambarnya terlalu kencang," kata pemilik nama asli Vanya Qinthara di acara Women 2.0: Wanita dan Teknologi di Midtown Jakarta, Jakarta Selatan, Selasa (17/5/2016).

2. Waktu Syuting
Perhatikan juga waktu syuting. Minyo menyarankan agar Anda mengambil gambar sekitar pukul 07.00 hingga 11.00. Karena pada waktu-waktu tersebut pergerakan awan dan angin tidak terlalu kencang. Sebab awan dan angin bisa memengaruhi pencahayaan jika Anda menggunakan cahaya alami dari matahari.

3. Peletakan Cermin
Saat membuat tutorial makeup tentu Anda butuh cermin. Sebagian orang mungkin bingung di mana meletakkan cermin agar tidak mengganggu penonton. Minyo sendiri biasanya menaruhnya di area yang lebih rendah dari wajah dan memilih cermin yang bisa diputar sehingga mudah mengikuti gerakan kepala.

4. Posisi Duduk
Sebagian vlogger sering terlihat duduk di posisi tengah. Namun sebagian lagi termasuk Minyo lebih suka berada di samping kiri kamera. Hal tersebut dilakukan wanita 24 tahun itu agar ia bisa menunjukkan produk makeup yang digunakan di bagian samping kanan. Anda pun bisa memperlihatkan produk dari depan asal jangan lupa setting autofocus.

5. Angle Kamera
Minyo menyarankan agar vlogger tidak bosan mengeksplor angle atau sudut pengambilan gambar. Hal itu dilakukan agar Anda bisa mengetahui sudut terbaik mana yang enak dilihat penonton.

"Saat ambil gambar bibir, fokus angle-nya lurus jangan ke bawah. Ada trik juga agar muka agak terlihat V (tirus), angle-nya ke atas sedikit. Aku pakai five seconds rule dengan ganti angle atau masukin gambar supaya viewers tetap nonton sampai akhir," sarannya.

6. Cara Berbicara
Jaga nada bicara agar terdengar akrab dengan penonton. Cara bicara bahkan menjadi salah satu ciri dari Minyo yakni ceria dan kekanak-kanakan. Ia juga menganjurkan agar vlogger mengetahui teknik yang tepat, entah itu dengan berbicara langsung, membuat naskah dahulu, atau sekadar dibantu pointer.

7. Terjemahan
Untuk merangkul penonton luar negeri, Minyo sering memberikan tutorial dengan bahasa Inggris. Namun ia tidak lupa untuk memasukkan terjemahan dalam bahasa Indonesia sehingga video dapat dinikmati lebih banyak orang. Cara itu juga diterapkan ketika Minyo berbicara dengan bahasa Indonesia dalam videonya. (ami/ami)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com